Pantai Mawun dan Pantai Batu Payung, Harta Terpendam di Lombok Tengah

Pantai Mawun dan Pantai Batu Payung, Harta Terpendam di Lombok Tengah

25 Jun 2015   |   By Sheisa Sastaviana   |   1747 Views

Lombok, coklatkita.com – Menghabiskan waktu di Pulau Lombok, tak lengkap rasanya jika tak menyempatkan diri untuk membenamkan kaki di pasir putih dan bermain di pinggir pantai. Ingin menemukan tempat baru yang tak kalah cantik dengan pantai lainnya yang sudah lebih dulu terkenal, kami pun berangkat menuju Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sekira 56 kilometer atau 1,5 jam perjalanan ditempuh dari pusat Kota Mataram, menuju Pantai Kuta Lombok.

Pantai Kuta Lombok

Selamat datang di Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Gugusan karang dan bebatuan di pinggir Pantai Kuta Lombok

Perjalanan yang lumayan jauh, terbayarkan dengan pemandangan lautan biru yang indah dan pasir yang halus sesampainya kami di Pantai Kuta Lombok. Ada seorang windsurfer yang sedang asyik bermain di bibir pantai saat kami tiba dan beberapa orang berjemur di bawah terik sinar matahari. Karena tak begitu banyak yang bisa dilakukan, kami pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Seger, 2 kilometer ke arah timur dari Pantai Kuta Lombok, masih di wilayah Lombok Tengah. 

Kalau Sobat Coklat menginginkan suasana tenang dan sepi, maka Pantai Seger merupakan tujuan yang pas. Airnya yang jernih, membuat Sobat Coklat bisa dengan mudah melihat pemandangan indah di bawah air. Pantai Seger juga memiliki keunikan tersendiri karena lokasinya dikelilingi oleh perbukitan dengan udara yang cukup sejuk. Sobat Coklat bisa bermain di pantai sambil melihat bukit-bukit hijau nan segar yang mengelilingi wilayah pantai.

Jejeran bangku di pinggir pantai

Duduk di atas kursi bambu menghadap ke Pantai Seger

Perbukitan yang mengelilingi Pantai Seger

Tak puas hanya sampai di Pantai Seger, maka kami kembali melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Aan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dengan garis pantai sepanjang 2 kilometer. Keunikan Pantai Tanjung Aan ini terletak pada pasirnya yang berbentuk bulat menyerupai merica. Pantai Tanjung Aan cocok buat Sobat Coklat yang ingin surfing karena menjelang sore hari, permukaan air laut akan mulai naik. Di sekeliling pantai, terdapat perbukitan seperti di Pantai Seger. Dari kawasan bukit-bukit tersebut, Sobat Coklat bisa menikmati pemandangan Pantai Tanjung Aan dari ketinggian.

Di balik bukit sebelah timur Pantai Tanjung Aan, terdapat sebuah pantai yang tak kalah indah yakni Pantai Batu Payung. Untuk mencapainya, kami harus menyewa sebuah kapal nelayan dan menyebrangi lautan selama kurang lebih 15 menit. Pantai Batu Payung merupakan sebuah pantai terpencil dengan dominasi bebatuan berukuran besar dan salah satu batu yang paling terkenal adalah Batu Payung yang berada di bibir pantai. Batu tersebut berdiri menjulang dengan ukuran raksasa menyerupai payung menutup. Lokasi yang cukup jauh membuat Pantai Batu Payung masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga pantai ini masih relatif sepi dan menjadi surga bagi siapapun yang ingin menikmati keheningan suasana pantai.

Puas bermain-main di Pantai Batu Payung, kami kembali ke Pantai Tanjung Aan dan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Mawun. Keindahan pantai ini tak kalah spektakuler dari pantai-pantai sebelumnya. Pantai Mawun merupakan merupakan bagian dari teluk dan garis pantai-nya menyerupai tapal kuda. Pasirnya pun sangat putih dan lembut, terutama di pantai bagian tengah. Karena Pantai Mawun berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, maka ombaknya pun cukup besar. Tapi kalau Sobat Coklat berada di sisi barat dan timur pantai, ombaknya lumayan tenang karena terhalang oleh bukit.

Jelang waktu berbuka puasa di Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Pemandangan dari pinggir Pantai Tanjung Aan

Di atas perahu nelayan menuju Pantai Batu Payung

Batu Payung yang terkenal

Pemandangan dari pinggir Pantai Mawun

Sobat Coklat yang lebih senang menghabiskan waktu liburan di pantai, bolehlah berkunjung ke Lombok yang menyimpan banyak keindahan tersembunyi. Ada kenikmatan tersendiri ketika menjelajahi suatu wilayah yang sohor dengan keindahan pantainya. Jangan khawatir dengan jarak yang cukup jauh ketika berwisata di Lombok karena perjalanan mencapai satu pantai dan dilanjutkan ke pantai berikutnya, juga memiliki keindahan tersendiri. Sobat Coklat bisa melihat hamparan perkebunan dan melewati daerah perbukitan yang hijau. Jika ada tempat di dunia ini yang wajib dikunjungi, maka Pulau Lombok-lah salah satunya. ***


You must be logged in to comment.