Bagian 2 - Perahu Para Pemburu Bernama Paledang

Bagian 2 - Perahu Para Pemburu Bernama Paledang

12 Feb 2019   |   By Franco Londah   |   66 Views

Coklatkita.com - Bulan Mei hingga November menjadi musim berburu paus suku Lamalera. Karena alam turut merestui, dimana pada bulan – bulan tersebut hewan mamalia terbesar tengah melintas Laut Sawu, bermigrasi dari Laut Banda menuju lautan lebih dalam, Samudera Hindia.

Transportasi para pendekar paus kala memburu dinamakan Paledang. Sebuah perahu tradisional yang dipersiapkan dengan matang oleh masyrakat Lamalera. Dengan mengandalkan layar yang terbuat dari anyaman daun pandan, juru kemudi harus mahir dan berpengalaman mengarahkan perahu itu menuju sasaran. Paledang tak menggunakan motor seperti perahu nelayan lainnya, dikarenakan takut nantinya baling-baling perahu melukai paus. Peran Paledang tak kalah krusial dari pemburunya, para Lamafa.

Wahana laut tersebut merupakan benda wajib yang mendampingi para pendekar paus. Satu paledang, dapat menampung 6 hingga 10 orang. Dan dalam satu perburuan, ada 3-4 Paledang yang terlibat untuk menangani hewan buruan dari paus sperma (Physeter macrocephalus). Masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan koteklema.

Selain paus, masyarakat setempat juga berburu orca (paus pembunuh), lumba-lumba, hiu, hingga ikan pari.

Trinitas Lamalera; Paledang, Lamafa, dan Tempuling Pulau Lembata

 

-bersambung-

Tags :


You must be logged in to comment.