Ngisoringin, Jazznya Kota Semarang!

Ngisoringin, Jazznya Kota Semarang!

9 Oct 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1599 Views

Semarang, Coklatkita.com- Apa tanggapan Sobat Coklat saat mendengar kata musik Jazz? Mahal, ekslusif, dan hanya orang-orang tertentu saja penikmatnya? Teori ini dihapus habis oleh komunitas Jazz ini. Dari Kota Sejarah Semarang, Coklat Kita membawakan salah satu profil dari komunitas jazz keren bernama Jazz Ngisoringin.

Berawal dari satu kesukaan yang sama, yaitu musik Jazz yang dulunya berkembang di New Orleans, Amerika. Namun, Ngisoringin membuat cerita Jazz lain di kotanya lalu bermetamorfosa jadi komunitas besar yang mendapat tempat di hati para penikmat musik jazz khususnya di Kota Semarang.

Jazz Ngisoringin

Satu cerita dari Ngisoringin, nama unik ini terinspirasi dari kegiatan berkumpul belajar musik Jazz di bawah pohon beringin di Ours Cafe Semarang. “Musik Jazz yang dimainkan di bawah pohon beringin,” ucap Yanuar Eko Widodo kepada coklatkita.com beberapa waktu lalu. Di tanggal 13 Juli 2009 ini Ngisoringin tepatnya komunitas ini resmi terbentuk. “No budget, no alcohol, no matter who you are… just jazz&community!,” itulah motto yang dari Komunitas ini.

Untuk prestasi jangan tanya lagi, sudah banyak musisi ternama yang berkolaborasi dengan Jazz Ngisoringin. Beberapa diantaranya, Barry Likumahua and Band, Inda Aziz, Endah N Resa, Balawan, Indro Harjodikoro, dan masih banyak lagi yang lain. Bahkan komunitas ini juga telah menjadi tamu wajib  setiap Ngayogjazz.

Saat ini di dalam Jazz Ngisoringin terdaapat 30 Band yang bernaung bersama. Dan jangan ditanya tentang banyaknya penggemar dari band yang ada di komunitas ini. Dalam acara Jazz in the Mall yang ruti diadakan,orang-orang dengan setia menyaksikan penampilan keren dari mereka. Tak tanggung-tanggung 11.000 orang memadati Puri Marokoco saat acara Loenpia Jazz ke-4 pada Juli lalu.

Loenpia Jazz

Beberapa jagoan yang ada di Jazz Ngisoringin diantaranya, Rencang sebagai band senior, Fatty Cathy, Delight, Aljabar. Jangan khawatir saat kamu bergabunng dengan komunitas ini, kemampuan kamu dalam bermain main pasti bertambah. Tidak main-main, komunitas ini ternyata membuat buku standar Jazz yang bisa jadi panduan bermusik kamu. Hebat bukan?        

Untuk kamu yang mau bergabung dengan komunitas Jazz Ngisrongin caranya sangat mudah, hanya datang ke acara reguler di hari Senin minggu pertama dan ketiga setiap bulan di jam 21.00-23.00. Nggak ada iuran wajib seperti layaknya kamu kursus atau bergbung dalam sebuah grup. “Kita tiap senin reguler itu nggak ada iuran dan apapun, kita punya satu kotak ya sudah kalau yang mau ngasih seikhlasnya ya kasih aja,” tutur Yanuar.

Jazz Ngisoringin punya harapan bahwa ke depannya Kota Semarang lebih bisa mengadopsi ide-ide dari komunitas-komunitas. Tidak seperrti komunitas lain yang menduplikasi diri di berbagai kota, komunitas ini tetap eksis di kota kelahirannya, Semarang. “Semarang punya Jazz Ngisoringin,”ucapnya Yanuar saat ditanya soal hal tersebut.

Untuk kamu  Sobat Coklat Semarang, yang suka musik jazz atau piawai bermain musik jenis ini, tentu bergabung dengan komunitas ini bisa menjadi pilihan. Namun, karena komunitas ini sering berpindah-pindah tempat, untuk update info lokasinya kamu bisa ikuti beberapa sosial media dari mereka.

Gambar: Dokumentasi Pribadi Komunitas, arsip.ngayogjazz.com, seputarsemarang.com

Tags : Semarang , Komunitas Jazz , Ngayogjazz , Loenpia Jazz , Musik Jazz , Jazz in The Mall


You must be logged in to comment.