Inilah Pentingnya Sarapan Pagi

Inilah Pentingnya Sarapan Pagi

31 Aug 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1997 Views

coklatkita.com- Kesibukan Sobat Coklat setiap hari mungkin terkadang membuat kamu menanggalkan sarapan pagi. Bahkan, sebagian orang mengira terlewatnya makan pagi ini bisa digantikan dengan makan di siang harinya. Atau mungkin untuk Sobat Coklat yang sedang berniat diet, sarapan pagi ini sudah menjadi rutinitas untuk dilewatkan. Sepertinya, pemikiran kamu akan berubah setelah membaca poin-poin kerugian melewatkan sarapan dibawah ini:

Tidak Sarapan Meningkatkan Resiko Obesitas

Dalam sebuah penelitian dari American Journal of Epidemiology di tahun 2003, ditemukan bahwa seseorang yang melewatkan sarapan bisa lebih gemuk 4,5 kali dari orang yang menyempatkan sarapan. Tercatat bahwa selama kurun watu 1 tahun, 499 orang menjadi sampel untuk dipantau pola dietnya. Dari kebanyakan orang yang tersebut tidak menyempatkan sarapan, dan akan menyempatkan untuk makan malam. Dan hal itu justru membuat kamu akan lebih gemuk bukan? Bahkan, dalam penelitian dari  Journal Nutrition Research and Practice menunjukan bahwa orang yang terbiasa tidak sarapan pagi bisa mengkonsumsi lemak yang lebih banyak dari orang-orang pada umumnya.

Ilustrasi seseorang yang lesu di tempat kerja

Menurunkan Resiko Terkena Diabetes

Dalam sebuah penelitian dari Asosiasi Kesehatan Jantung di Amerika di tahun 2003, rutinitas sarapan bisa membuat kadar gula dalam tubuh seseorang menjadi sangat baik. Bahkan sarapan pagi bisa membuat seseorang menahan lapar di siang harinya. Menurut Seorang peneliti dari Harvard Medical School Dr. Mark, berpendapat bahwa sarapan berperan penting untuk mengurangi resiko diabetes tipe dua dan banyak penyakit kardiovaskular (istilah untuk penyakit dari sistem jantung dan pembuluh darah.red).

Meningkatkan memori otak

Sobat Coklat pasti sudah bisa membedakan mana orang yang sarapan dan tidak di pagi hari. Sudah jelas terlihat kan, jika orang yang sarapan terlebih dahulu di pagi hari akan terlihat segar dan tidak mengantuk. Bahkan lebih jauh dari itu, sarapan pagi yang dilewatkan begitu saja menyebabkan penurunan memori jangka pendek.

Tapi bukan sekedar sarapan pagi yang hanya mengisi perut supaya kenyang ya, sarapan pagi kamu harus terjaga. Jangan sampai memakan makanan berkalori tinggi di pagi hari, yang ternyata bisa menghambat konsentrasi Sobat Coklat. Yuk lebih sehat, dengan sarapan setiap paginya.***

Diolah dari berbagai sumber

Sumber Gambar: pedulisehat.info

Tags :


You must be logged in to comment.