Danau Unik Ini hanya ada di Kalimantan Barat

Danau Unik Ini hanya ada di Kalimantan Barat

23 Dec 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   2233 Views

Coklatkita.com - Kalau Sobat Coklat menyinggung masalah Kalimantan, ternyata bukan hanya berbicara tentang Suku Dayak lho! Ternyata keindahan alamnya juga luar biasa dan tidak kalah dengan keindahan alam yang ada di luar negeri. Itulah kenapa Sobat Coklat harus bangga dengan Indonesia. Dari satu tempat saja, sudah banyak keindahan yang bisa dinikmati, apalagi jika digabungkan dengan beberapa daerah lainnya.

Tahukah Sobat Coklat kalau di Kalimantan Barat terdapat danau pasang surut terluas se-Asia Tenggara? Namanya Danau Sentarum. Danau yang memiliki 20 danau besar dan kecil ini ternyata sudah diakui sebagai Taman Nasional sejak tahun 1999. Danau Sentarum sangat berbeda dengan danau ‘konvensional’ lainnya, sebab Danau Sentarum adalah daerah hamparan banjir. Dengan letak dan kondisinya yang berada di tengah-tengah jajaran pegunungungan, menjadikan kawasan ini sebagai daerah tangkapan hujan.

Pada musim penghujan, kawasan Danau Sentarum akan terendam air akibat aliran air dari pegunungan di sekelilingnya dan dari luapan Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Namun berbeda jika musim panas tiba, danau ini akan kekurangan air dan menjadi kering seringga tidak jarang tumbuh beberapa rumput di atas danau yang kering tersebut layaknya lapangan golf. Masih penasaran? Sobat Coklat tinggal datang saja ke Kalimantan Barat pada musim hujan dan musim panas, setelah itu bandingkan rasanya. ***

 

 

 

 

Source: www.dreamers.id

Tags : wisata , WisataCOKLAT , kalimantan , danau kalimantan , indonesia