Kue Belanda Jadi Kue Tradisional Terenak dari Indonesia!

Kue Belanda Jadi Kue Tradisional Terenak dari Indonesia!

25 Aug 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1677 Views

Coklatkita.com- Orang Indonesia tentu sangat akrab dengan kue yang satu ini, lapis legit. Kue tradisional ini ternyata bukan hanya sembarang kue Sobat Coklat, baru-baru ini CNN menobatkan lapis legit sebagai salah satu kue tradisional terlezat di dunia.

Tak banyak yang tahu kalau kue tradisional ini merupakan warisan kuliner dari penjajahan Belanda di Indonesia Sobat. Lapis legit disebut oleh orang Belanda dengan Spekkoek (spekuk) yang diartikan minyak babi yang terlihat berlapis-lapis oleh Hermina guru besar linguistik Sinika UI.

Nah Sobat, meskipun mempunyai arti lemak babi yang menumpuk, kue ini tidak mengandung minyak babi Sobat, hanya karena bahan dasarnya terdiri dari telur dan mentega membuat kue ini terlihat mirip dengan lapisan dari lemak babi Sobat.

“Kue ini (Lapis Legit) dibuat oleh orang Belanda yang tinggal di Hindia (Indonesia) pada zaman penjajahan,” ucap Kepala Program Studi Belanda FIB UI, Achmad Sunjayadi kepada kompas.com, Rabu (24/8/16).

Salah satu faktor yang menyebabkan kue ini dibuat di Indonesia adalah penggunaan rempah seperti kayu manis pada lapis legit Sobat. Jika menemukan racikan bahan lapis lagit dengan nama spekkoek, jangan terheran-heran sebab itulah bahasa Belanda dari lapis legit ini.

Sumber: kompas.com | Gambar: sindororesto.com, tokopedia.com

Tags : Sejarah Lapis Legit , Kue Tradisional Indonesia , Spekkoek