“Gajah” Mengalahkan “Luwak” di Pasaran Kopi Dunia!

“Gajah” Mengalahkan “Luwak” di Pasaran Kopi Dunia!

5 Dec 2016   |   By Harry Zein   |   1373 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat penyuka kopi sudah tahu kalau kopi luwak bukan lagi  kopi termahal di dunia? Nah Sobat, saat ini kopi termahal posisinya ditempati oleh Black Ivory Coffee yaitu kopi Thailand yang berasal dari kotoran gajah. Harganya cukup fantantis yaitu dibanderol dengan 900 ribu rupiah percangkirnya Sobat. Lantas apa yang membuat kopi ini begitu mahal dan istimewa?

Nah Sobat, konon untuk menghasilkan Black Ivory Coffe, seekor gajah yang memakan 15 kg kopi hanya menghasilkan setengah kilo kopi saja. Proses mendapatkan kopi ini juga terbilang rumit Sobat. Seorang pekerja harus menunggu seekor gajah memendam biji kopi dalam perut mereka selama tiga hari. Setelahnya, mereka mengambili biji-biji kopi, mencucinya hingga bersih, mengeringkan, kemudian memanggang biji kopi tersebut, Sobat.

Yang istimewa dari kopi ini tidak lain adalah rasanya Sobat. Kopi ini dapat dibuat tanpa tambahan gula karena rasanya tidak pahit Sobat. Hal yang membuat itu terjadi adalah proses fermentasi kopi pada perut hewan herbivora seperti gajah yang bisa membelah selulosa (zat manis) dari makanan mereka. Nah Sobat, fermentasi ini konon sangat baik untuk membuat wine, bir, atau kopi karena mengeluarkan rasa manis alami dari biji. Jadi sudah tahu kan kenapa Black Ivory Coffe ini bisa mahal di pasaran kopi dunia.

Sumber: dailymail via intisari online| Gambar: dailymail.co.uk, 2amtraffic.com, chiangraibulletin.com

Tags : Black Ivory Coffee , Kopi Gajah , Kopi Termahal Dunia