Ditusuk Matanya, Dipaksa Makan, Dimasak!

Ditusuk Matanya, Dipaksa Makan, Dimasak!

5 Nov 2015   |   By Karolina Ketaren   |   2869 Views

Coklatkita.com- Ada banyak cara untuk memasak makanan favorit Sobat Coklat. Tapi, kamu akan lebih berselera makan jika tahu cara penyajian makanan tersebut dilakukan dengan apik bukan? Di Perancis ada satu makanan tersaji dari jenis unggas yang mungkin cara pengolahannya terkesan kejam. Jenis burung malang untuk dimasak ini bernama ortolan, meski sudah diklaim menjadi spesies langka namun, masyarakat tetap gemar memakannya Sobat Coklat. Yuk kita bahas sedikit cara memasak tak lazim dari masakan mancanegara ini.

Burung ortolan bakar

Masakan dari burung ortolan ini ternyata mempunyai proses yang sangat ekstrim. Bayangkan saja, ortolan yang berhasil ditangkap akan dibutakan matanya dengan ditusuk. Setelah itu, burung ortolan yang masih hidup ditempatkan di kandang sempit berisi makanan. Cara itu digunakan untuk menggemukan badan ortolan sampai 2-4 kali dari ukuran semula. Ketika dirasa sudah cukup gemuk untuk dimakan, ortolan akan direndam hidup-hidup di dalam minuman keras yang bernama armagnac.

Burung Ortolan

Setelah semua proses penyiksaan berlalu ortolan disajikan dengan dibakar. Orang yang memakan sajian ortolan bakar ini biasa memakannya panas-panas. Yang pertama biasa dilakukan orang-orang Perancis adalah menggigit kepala ortolan sampai terlepas. Setelahnya tubuh ortolan akan dikunyah secara utuh mulai dari daging, jerohan dan semua bagian tulang.

Meski perburuan terhadap burung ini sudah dilarang, namun cara memasak makanan ini masih subur makmur menjadi tradisi. Tak tanggung-tanggung masakan ini ternyata menjadi menu andalan di restoran-restoran kelas satu di Perancis. Cukup unik bukan? Perburuan unggas ini dilarang namun menu ini jadi favorit warga.Tertarik mencoba Sobat Coklat?

Diolah dari berbagai sumber

Gambar: globalhobo.com, allkunne.no, bizzarrobazar.com

Tags :