Cara Khusus Valentine di Luar Negeri!

Cara Khusus Valentine di Luar Negeri!

13 Feb 2017   |   By Harry Z.    |   1229 Views

Coklatkita.com- Meskipun bukan merupakan perayaan khas Indonesia, tapi Sobat Coklat pasti tahu beberapa tradisi dari valentine bukan? Memberi kartu ucapan, bunga, cokelat, boneka, ataupun kado seperti sudah biasa terlihat saat hari valentine tiba. Selain ada tradisi yang umum seperti yang disebutkan tadi, beberapa negara punya tradisi tersendiri dalam ketika hari kasih sayang ini tiba. Apa saja, mari simak Sobat Coklat!

Denmark

Sejak awal tahun 1990-an, Kementrian Luar Negeri Denmark menetapkan tanggal 14 Februari sebagai hari libur nasional, Sobat Coklat. Ketika hari valentine tiba, orang-orang akan saling menukar bunga putih yang disebut dengan snowdrops.

Selain itu ada juga pertukaran “kartu kekasih”, kartu transparan yang dapat menunjukan gambar dari pemberi kartu. Satu lagi yang khas Sobat, ada gaekkebrev yaitu surat di atas potongan-potongan kertas yang berisi lelucon atau puisi cinta. Gaekkbrev ini ditulis anonim tersebut mengharuskan wanita penerimanya menebak siapa pengirim surat tersebut, Sobat. Jika tebakan Si Gadis benar, maka Ia berhak menerima telur paskah saat akhir tahun tiba.

Korea Selatan

Seperti halnya di Denmark, Korea Selatan juga memasukan hari valentine ke dalam tanggalan merah mereka, Sobat. Dari tanggal 14 Februari para perempuan akan memberikan cokelat, permen, ataupun bunga kepada lelaki yang disukainya. Sebagai balasannya, lelaki tersebut akan membalas pemberian sang gadis ketika White Day tiba yaitu tanggal 14 Maret. Hal menarik lain, di Korea Selatan ada hari khusus yang dinamakan Black Day yang diperingati setiap 14 April. Black Day ini diperuntukan bagi mereka yang tidak mempunyai pasangan, mereka berkewajiban memakan semangkuk mie hitam yang dikenal dengan jajangmyeon, Sobat Coklat.

Wales

Berbeda dengan negara-negara lain di seluruh dunia, hari kasih sayang di Wales dikenal dengan Saint Dwynwen yang diperingati setiap tanggal 25 Januari. Satu hadiah yang khas dari perayaan ini adalah sendok cinta, Sobat. Uniknya, setiap pola-pola pada sendok ini dapat diartikan sebagai simbol dari perasaan yang memberikannya. Contohnya, simbol sepatu kuda yang merupakan harapan akan keberuntungan, sedangkan simbol roda menggambarkan perasaan cinta dan dukungan dari pemberi sendok tersebut. Tradisi ini konon telah berjalan dari abad ke-17.

China

Sobat, hari valentine di China dikenal dengan Qixi yang jatuh di hari ke tujuh, bulan bulan ke-7 kalender lunar. Perayaan ini terinspirasi dari sebuah kisah antara putri kayangan bernama Zhinu dan seorang pemuda penggembala sapi bernama Niulang. Setelah mendengar kabar penikahan anaknya, sang raja kayangan mengirimkan ratu untuk membawa Putri Zhinu kembali. Namun, karena kesedihan dari Niulang dan anak-anaknya sang raja akhirnya berbaik hati mengizinkan mereka bertemu sekali dalam setahun.

Kisah tersebut menjadi latar belakang dari perayaan Qixi, Sobat. Saat ini para wanita muda akan mempersiapkan persembahan untuk menyambut kerbersamaan Niulang dan Putri Zhinu. Untuk para lajang, serangkaian persembahan sekaligus ke kuil pada hari Qixi diyakini dapat mendatangkan jodoh yang baik, sedangkan untuk para pasangan merupakan doa untuk kesejahteraan mereka.

Inggris

Saat valentine, tradisi unik yang di Inggri akan dilakukan oleh para gadis, Sobat. Pada malam valentine, mereka akan menaruh 5 lembar daun salam di bawah bantal sebagai harapan dapat mempimpikan suami masa depan mereka. Selain sekedar menaruh daun salam, ada juga yang sengaja membasahi daun salam dengan air bunga mawar, Sobat.

Sobat Coklat sendiri bagaimana biasanya merayakan valentine nih

Sumber: nationalgeographic.co.id | Gambar: tamtour.com.ua, bakker.com, sxtour.com

Tags : valentine