Minuman Keras Khas Maluku

Minuman Keras Khas Maluku

1 Oct 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   2887 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat tahu dari mana asal tuak? Tuak sendiri di berbagai daerah mempunyai warna dan rasa masing-masing, begitu juga di maluku, Sopi namanya Sobat Coklat. Pohon tuak yang tidak berbuah biasanya mengeluarkan batang buah muda yang nantinya diiris dan dan diambil sarinya ditampung dalam wadah ember (daun tuak) atau juga tampungan dari batang bambu, hasil irisan pertama biasa di daerah Maluku dikenal dengan Tuak/ Sageru manis serta diolah/ dimasak 4 – 5 jam dan diaduk merata dan dimasukan dalam wadah tempurung kelapa (1/4 bagian batok kelapa kering) serta didinginkan dan dijemur untuk menjadi gula merah (gula asli masyarakat dari tuak).
Sopi, Tuak Khas Maluku
Hasil irisan batang buah di dibiarkan satu sampai dua hari akan menjadi masam dan dikenal sebagai Sageru jika didiamkan lebih lama akan menjadi sangat asam untuk digunakan sebagai (Cuka), untuk mengolah makanan dari rumput laut maupun ikan – ikan kecil yang biasanya di daerah Maluku Barat Daya dengan kohu – kohu campur, atapun dipakai dengan bawang/ daun bawang  serta diberi kecap sedikit serta chili / sambal sadiki dan dikenal dengan nama  colo – colo sambal.
Hasil penyulingan dari sari pohon tuak yang telah masam di kenal sebagai sopi dan ini merupakan salah satu minuman adat asli orang Maluku dengan kadar alkohol yang cukup tinggi yang juga merupakan hasil utama dari penduduk dari beberapa pulau di Maluku Tenggara, biasanya minuman ini diminum jika ada acara - acara adat atau juga pada saat - saat baru bertemu dengan kaum keluarga.
Sopi yang memiliki kadar alkohol cukup tinggi ini sekarang dilarang penjualannya.
Sopi yang merupakan salah satu usaha rumahan Masyarakat maluku dan menurut beberapa sumber dapat diolah menjadi etanol. Sopi sendiri banyak dijual dan dipakai untuk minuman ketika malam hari tiba. Sobat Coklat berani coba?

Sumber Foto: gomollucas

Tags :