MASUK MUSIM HUJAN, KENALI CIRI-CIRI AKAN DATANGNYA BANJIR

MASUK MUSIM HUJAN, KENALI CIRI-CIRI AKAN DATANGNYA BANJIR

2 Oct 2021   |   By Reny Tanjung   |   166 Views

Menurut prakiraan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) musim hujan tahun 2021/2022 di sebagian besar wilayah  akan diawali di bulan Oktober dan November 2021 dan akan mengalamu puncaknya pada bulan Januari dan Februari 2022.

Datangnya musim hujan menjadi berkah tersendiri terutama bagi daerah yang sudah mengalami kekeringan, namun bagi sebagian daerah yang rawan banjir musim hujan menjadi salah satu hal yang diwaspadai jikalau sewaktu-waktu bisa menyebabkan banjir. Hal ini menjadikan kita harus lebih mengenali alam terutama ciri-ciri akan datangnya suatu musibah alam dalam hal ini mengenali ciri-ciri akan terjadinya banjir bandang.

1. Resapan air hujan kurang maksimal

Resapan air tidak maksimal disebabkan oleh tanah yang ada di sekitar hingga akhirnya menimbulkan genangan air. Rendahnya penyerapan tersebut dapat diakibatkan oleh alih fungsi lahan atau tingginya curah hujan.

2. Kapasitan saluran drainase melebihi kapasitas

Saluran drainase air mendapat air yang melebihi kapasitasnya akibat  penyaluran air tidak lancar. Hal ini dapat terjadi akibat penyumbatan oleh sedimen atau sampah.

3. hujan deras dan lama

Terjadi hujan yang tinggi dan berlangsung lama dapat mengakibatkan aliran sungai mengalami kenaikan yang mengkhawatirkan. 

4. Longsor di lereng gunung

Saat curah hujan tinggi, terlihat aliran sungai menyurut dapat menjadi tanda akan terjadi banjir (bahkan banjir bandang). Adanya material longsor atau lainnya di daerah hulu atau sepanjang aliran sungai yang terhalang, suatu saat air akan meluap naik dan mengalir dengan cepat ke area daratan rendah.

5. Air sungai menjadi keruh

Apabila air sungai berubah warna menjadi keruh karena tercampur dengan tanah dan lumpur, diserta adanya suara gemuruh dari arah aliran sungai.

Ciri-ciri diatas terkadang kita abaikan. Untuk meminimalisir terjadinya banjir ada baiknya warga mulai cek saluran resapan air dan juga drainese agar pembuangan air berjalan dengan lancar. Selain itu untuk berjaga-jaga banjir tiba simpan semua dokumen penting di lokasi yang aman dan ketahui jalur evakuasi saat banjir tiba.

Sumber :

https://www.bmkg.go.id/

https://www.republika.co.id/ 

Tags :