Manfaat Luar Biasa Sinar Matahari Pagi

Manfaat Luar Biasa Sinar Matahari Pagi

15 Sep 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1811 Views

coklatkita.com- Menghindari dari sengatan matahari mungkin dipilih sebagian orang yang tidak ingin kulitnya terlihat gelap. Namun, banyaknya manfaat dari sinar matahari mungkin akan membuat kamu berpikir lagi. Meskipun pada kenyataannya sinar ultraviolet berbahaya bagi tubuh Sobat Coklat, tapi penting juga kan mengetahui manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan kamu seperti:

Membantu proses pembentukan Vitamin D dalam tubuh

Sinar matahari dapat membantu tubuh memproduksi kalsiferol (vitamin D) secara alami. Dengan terkena paparan sinar matahari 10-15 menit sehari, tubuh dapat menghasilkan 1.000-3000 unit internasional (IU) vitamin D. Namun, hal ini bergantung pada kebutuhan vitamin D seseorang setiap harinya.

Fungsi dari vitamin D sendiri yaitu membantu penyerapan kalsium yang dapat menguatkan tulang manusia. Kalsiferol ini juga membantu melindungi tubuh kamu dari beberapa penyakit seperti kanker (kulit, paru-paru, dan prostat), osteoporosis, dan diabetes. Berjemur dibawah sinar mentari pagi juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Membantu produksi hormon serotonin

Selain memproduksi vitamin D, secara alami tubuh kamu juga memproduksi hormon serotonin. Hormon ini berfungsi sebagai pengatur suasana hati dan pikiran. Dengan memproduksi hormon ini dalam kadar yang cukup tinggi, seseorang dapat berpikir lebih tenang dan memiliki tingkat kefokusan yang lebih baik.

Antidepresi dengan endorfin

Endorfin adalah hormon antidepresan alami yang diproduksi oleh tubuh kamu. Sinar matahari pagi merangsang homon ini untuk diproduksi di kelenjar pituatari. Efek dari hormon ini menimbulkan perasaan tenang, dan senang hingga membuat tubuh lebih berenergi. Tak hanya itu hormon ini juga berfungsi mengendalikan perasaan stress yang berlebih bahkan ikut menjaga kekebalan tubuh.

Meremajakan kulit

Dampak luar biasa dari sinar matahari pagi ternyata bisa memperbaiki kondisi kulit seseorang. Beberapa masalah kulit yang bisa teratasi dengan bantuan sinar matahari adalah jerawat, ekstrim, psoriasis (tubuh kulit tebal dan bersisik kelainan akibat gangguan sistem daya tahan tubuh). Bahkan bekas luka maupun keriput yang bukan diakibatkan penuaan juga dapat berkurang dengan terpapar sinar matahari pagi secara langsung.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber Gambar: zonapos.tk

Tags : kesehatan , pagi hari , solusi sehat