Makanan Ekstrim Khas Indonesia (1)

Makanan Ekstrim Khas Indonesia (1)

11 Oct 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   2897 Views

Coklatkita.com- Keberagaman yang ada di Indonesia menjadi keunikan yang membuat nama Indonesia dikenal dunia, pun dari keberagaman budaya dan Bahasa tersebut, tentu tiap daerah yang berbeda mempunyai ciri khas makaan tersendiri yang bisa dirasakan bedanya, baik oleh orang Indonesia sendiri atau turis mancanegara. Kuliner tradisional yang ada Indonesia inilah salah satu yang menjadi daya tarik mengapa Indonesia harus dikunjungi.

Namun tahukah Sobat Coklat jika tidak semua menu makanan di Indonesia itu bersahabat bagi seluruh masyarakat? Berbagai menu makanan berikut ini mungkin akan mengejutkan tidak hanya di telinga Anda tapi juga akan mempengaruhi selera makan Sobat Coklat. Berikut 10 makanan asli Indonesia yang paling ekstrim dari beberapa daerah di Indonesia.

MENU LEZAT ULAT SAGU KHAS PAPUA

Papua. Apa yang terlintas di pikiran Sobat Coklat? Tentu berbagai gambaran bisa terlintas di benak Sobat Coklat. Nyatanya Papua juga mempunyai makanan ekstrim yang juga unik. Ada satu kuliner yang ekstrim dari Papua yang juga menjadi makanan khas suku Kamoro yaitu ulat sagu. Jika Sobat Coklat traveling ke Papua jangan lupa untuk mencicipi makanan khas yang satu ini, itupun jika Sobat Coklat tidak merasa jijik. Tapi yang paling penting adalah merasakan sensasi yang hadir setelah makan ulat tersebut yang bisa dijadikan pengalaman seumur hidup Sobat Coklat.

Ulat sagu ini bisa ditemui pada pohon sagu yang sudah mati. Selain terdapat pada pohon sagu binatang lunak ini juga dapat ditemui pada pohon kelapa yang sudah mati. Biasanya ulat sagu ini dimakan mentah-mentah sebagai jamu dan obat kuat. Makanan ini juga dipercaya mengandung vitamin yang tinggi.

BELALANG GORENG KHAS GUNUNG KIDUL

Makanan ekstrim bukan hanya berasal dari luar Jawa, buktinya di Gunung Kidur juga terdapat makanan ekstrim. Sobat Coklat bisa menebak sendiri. Yap, Belalang Goreng menjadi menu kuliner ekstrim yang bisa Sobat Coklat cicipi ketika mengunjungi kabupaten ini. Binatang yang biasa mengeluarkan suara merdu ketika malam hari ini ternyata bisa menjadi salah satu bahan makanan dan rasanya terasa renyah.

Jika Sobat Coklat ingin mencoba, tentu saja sangat mudah karena dapat ditemukan di kios-kios dadakan yang ada di sepanjang jalan Gunung Kidul. Tidak seperti kuliner ekstrim di Thailand yang mengolahnya dengan rasa original, di Gunung Kidul ini belalang goreng diolah beraneka rasa, ada pedas, manis ataupun original.

PANIKI SANTAN KHAS MANADO

Setelah dari Jawa Tengah, Sobat Coklat aka di ajak ke Manado untuk mencicipi kelelawar atau kalong. Sobat Coklat bisa langsung datang ke Manado, Sulawesi Utara untuk mencicipinya. Di sana ada satu makanan khas yang berasal dari daging kalong atau kelelawar, namanya paniki. Paniki santan sendiri adalah hidangan kuah santan berbahan utama daging mamalia yang biasa memakan serangga atau buah.

Biasanya, ketika Sobat Coklat mencoba masakan ini, akan dihidangkan dengan sensasi pedas karena orang Manado suka pedas dan dipenuhi dengan potongan cabai yang sangat banyak, dan asal Sobat Coklat  tahu bahwa unsur pedas ini bukan hanya karena orang Manado suka pedas saja melainkan memiliki fungsi lain yaitu untuk menyamarkan aroma kelelawar yang cenderung sangat amis. Selain diolah menjadi sayur santan yang pedas biasanya daging kelelawar juga disajikan dalam bentuk sate dan di goreng. Silahkan dicoba Sobat Coklat.

ULAT BULU KHAS PURWOREJO, JAWA TENGAH

Seetelah kelelawar, Sobat Coklat bisa melanjutkan wisata kuliner ekstrimnya ke daerah Purworejo, Jawa Tengah. Warga di sana sudah biasa mengkonsumsi makanan satu ini. Ulat bulu menjadi makanan yang biasa di konsumsi karena dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi. Ulat bulu yang dikonsumsi pun bukan sembarang ulat bulu lho melainkan dari famili Lyman Tridae dan ulat pohon turi.

Penyajiannya bisa langsung digoreng ataupun di sate. Ulat ini juga mengandung protein dan tidak beracun sehingga aman untuk dikonsumsi. Manurut orang yang sudah mencicipinya rasa dari ulat ini enak dan gurih. Masih ingin mencoba makanan ekstrim lainnya Sobat Coklat?

SATE BIAWAK KHAS JAWA

Sobat Coklat tahu biawak? Binatang melata yang rupanya menyerupai komodo dan biasa hidup di sungai atau rawa-rawa ternyata tidak lepas dari mulut manusia untuk dijadikan makanan. Konon daging biawak dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit gatal-gatal pada kulit. Olahannya juga sangat beragamsalah satunya adalah dengan cara dibikin sate. Bahkan menu satu ini sudah menjadi obat tradisional Jawa yang cukup manjur bagi mereka yang sudah merasakan khasiat sate biawak.

Konon, jika Sobat Coklat memakan biayak, makan akan terhindar dari penyakit kulit karena daging biawak memang dapat menyembuhkan gatal-gatal pada kulit bahkan daging biawak yang mengandung minyak biasanya dijual dalam bentuk botolan. Banyak sekali orang yang suka makan sate biawak ini sebab dibanding makanan ekstrim yang lain daging biawak ini terlihat tidak menjijikkan apalagi sudah dalam bentuk sate pasti rasanya lezat.

travellingyuk.com

Tags :