Pakan Bebek Jadi Juara Sayembara Oleh-Oleh!

Pakan Bebek Jadi Juara Sayembara Oleh-Oleh!

20 Jan 2017   |   By Ulina K.    |   1078 Views

Coklatkita.com- Apa yang akan Sobat Coklat jadikan oleh-oleh selepas berkunjung dari Kota Semarang? Lumpia atau Bandeng Presto? Nah Sobat, rasanya oleh-oleh yang satu ini tidak ada salahnya untuk kamu jajaki yaitu olahan dari bekatul Sobat.

Seperti yang kamu sudah tahu, bekatul adalah dedak lunak yang berasal dari beras. Nah Sobat, ditangan seorang Ismi seorang ibu rumah tangga kreatif bahan dasar untuk pakan bebek ini disulap menjadi kue kering bagelen yang dikenal dengan Lentul Bagelen Bekatul. Jangan salah Sobat Coklat, ide dan kreasi dari Ismi ini akhirnya berhasil mengantarkan ibu ini menjadi pemenang pertama lomba oleh-oleh bertaraf Internasional mengungguli 3.600 gagasan kuliner lain.

Sobat, meskipun oleh-oleh ini berasal dari bahan yang jarang dibuat oleh orang di zaman ini, kamu tidak usah khawatir untuk mencobanya. Karena berasal dari bekatul beras merah organik, makan bagelen ini sangat bergizi Sobat. Lantas mengapa tidak bekatul lain yang digunakan? Alasannya sudah sangat jelas Sobat, bekatul nonorganik ini berpestisida, jadi Ismi tidak menggunakannya karena akan sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Sehingga dipilihlah bekatul dari beras merah organik yang dikenal orang dengan memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi.

Jika dibandingkan dengan bagelen tepung, bagelen bekatul memiliki tekstur yang lebih kasar. Namun, rasa dari oleh-oleh yang berhasil bersaing dalam lomba yang digelar Unilever Food Solution, pada September 2016 lalu ini cukup lezat dan cocok untuk kamu jadikan buah tangan. Satu lagi Sobat, kue ini juga mampu bertahan cukup tahan lama ketika disimpan dan tidak akan berbau tengik Sobat. Bahkan untuk penderita diabetes dan kolesterol makanan ini sangat dianjurkan.

Untuk mendapatkan bagelen bekatul yang enak dari berkhasiat ini juga tidak sulit. Hasil kreasi dari Ismi telah dipajang di banyak tempat seperti galeri UMKM dan pasar ritel Kota Semarang, Sobat. Kabarnya, saat ini Ismi sedang mengembangkan aneka makanan lain dari bekatul salah satunya pizza. Seperti apa rasanya ya? Kita nantikan saja ya. Selamat berburu oleh-oleh unik ini ya Sobat Coklat. 

Sumber: CNN Indonesia | Gambar: detik.com, infokuberita.com, najzdravijahrana.com

Tags : Oleh-oleh Semarang , makanan dari bekatul , kuliner juara


You must be logged in to comment.