Makan Ampo Benar Berkhasiat?

Makan Ampo Benar Berkhasiat?

2 May 2016   |   By Karolina Ketaren   |   3495 Views

Coklatkita.com- Makanan khas daerah selalu mempunyai cerita uniknya sendiri Sobat, mulai dari cara pembuatan, bahan, rasa, dan tentu juga khasiatnya. Jika beberapa waktu lalu Sobat Coklat sudah tahu bagaimana membuat ampo, kali ini coklat kita akan membahas mitos tentang khasiat makanan dari tanah ini.

Sobat, ternyata keinginan makan tanah ini ada sebutan khususnya yaitu geophagy. Walaupun tergolong aneh dari hasil penelitian ditemukan bahwa makan tanah bisa memberi efek nyaman pada perut, bahkan melindunginya dari virus serta bakteri. Kebiasaan aneh ini kebanyakan terjadi pada wanita yang sedang hamil dan anak-anak.

ilustrasi ampo

Dari Cornell University, Sera Young menjelaskan kalau kebiasaan makan tanah ini biasa ditemukan di daerah tropis. Uniknya, tak hanya di Indonesia saja hal ini terjadi. Beberapa negara lain juga mempunyai penduduk yang punya kebiasaan seperti warga Tuban, namun hal ini tidak pernah diakui secara resmi Sobat Coklat.

Belum ada kesimpulan yang jelas Sobat mengapa kebiasaan ini sampai terjadi. Namun, satu teori menyebutkan hal ini dimungkinkan terjadi akibat anemia atau malnutrisi. Uniknya, teori ini masih terbantah, karena setelah dilakukan pemberian suplemen makanan, hobi ini tetap berlanjut.

Sobat, faktanya ada seitar 30-60 persen ibu hamil di Tanzania dan negara-negara di Afrika pernah memakan tanah liat atau sejenis kotoran. Tak hanya itu, di Denmark 0.01 ibu hamil mengaku punya keinginan yang sama Sobat. Di Amerika sendiri ada kebiasaan yang hampir mirip yaitu 20-40 persen ibu mengalami prevalensi pica (kebiasaan makan benda-benda)

Jadi, apakah Ampo ini berkhasiat Sobat? Jawabannya adalah ya. Tanah liat ini memang telah lama diketahui masyarakat baik untuk pencernaan. Bahkan sebelumnya pernah ada perusahaan pembuat obat yang memproduksi obat antidiare berbahan tanah liat Sobat Coklat. Hanya saja diisukan kalau tanah liat ini terkontaminasi logam berat Sobat Coklat. Jadi, jangan terlampau banyak ngemil amponya ya Sobat!

Sumber: health.kompas.com | Gambar: gudangfeatures.wordpress.com 

Tags : Ampo , Tuban , Khasiat Ampo , Makanan Unik


You must be logged in to comment.