Kuliner Malang yang Super Lezat

Kuliner Malang yang Super Lezat

25 Jul 2015   |   By Franco Londah   |   1550 Views

Malang, coklatkita.com - Berwisata di Kota Malang, tak lengkap jika tak menyempatkan diri mencicipi kuliner khas. tim coklatkita.com merangkum 5 kuliner yang layak untuk dicoba.

Pos Ketan Legenda 1967. Tempat kuliner yang satu ini sudah pasti wajib dikunjungi Sobat Coklat yang sedang liburan ke Kota Wisata Batu Malang. Dengan tampilan yang tampak mencolok, belum lagi dengan pengunjung yang selalu ramai memadati kedai kecil yang satu ini. Lokasinya sendiri dekat dengan Alun-alun Kota wisata Batu Malang, tinggal nyebrang, sudah sampai. Menu yang paling diburu diantaranya, ketan durian, ketan Susu Keju, dan jangan lupa coba ketan campur plus Ketan Ayam pedas. Keempatnya menu rekomendasi dari kami yang patut kalian coba selain varian menu ketandengan topping berbeda yang tersedia di menu. Catata alamatnya Sobat Coklat, Jl. Kartini, Kota Batu Malang, JawaTimur.

Rumah Makan Mesir. Udara yang sejuk dan dingin sangat tepat untuk menjajal kuliner ala peranakkan satu ini. Yap, ini dia Rumah Makan Mesir yang lokasinya juga tidak jauh dari alun-alun Kota Wisata Batu Malang. Cita rasa Timur Tengah menjadi satu dengan kehangatan khas Jawa Timur. Ada 4 jenis menu, yaitu Kambing, menu sapi, menu ayam, dan menu campur. Untuk menu kambing, tersedia kepala kambing, sate kambing, sop kambing, gule kambing, kambing oven, nasi kapsah dan nasi samin. Begitu juga dengan menu sapi dan ayam, sama dengan menu kambing. Sesuai selera saja Sobat Coklat pilih yang mana. Untuk rekomendasi kami, pesan kambing oven, atau Sup Sapi. Sila mampir di Jl. Pangeran Diponegoro, Kota Batu Malang, JawaTimur.

Depot Rawon Nguling. Rawon adalah sup daging sapi, dengan warna kuah agak hitam karena bumbu dasarnya yang dari kluwek. Cita rasa yang sangat khas Indonesia dengan banyak sekali menggunakan rempah-rempah di setiap masakannya, salah satu adalah rawon ini. Pangannan khas Jawa Timur ini banyak dijumpai di kota Malang, dan salah satu tempat kuliner rawon yang terkenal enak adalah Rawon Depot Nguling. Rawon di tempat ini memiliki karakteristik kuah yang tidak terlalu pekat, dan less-fat. Dengan potongan-potongan daging yang besar dan tidak perlu ditanya lagi empuk dagingnya seperti apa, sudah pasti Empuk. Silahkan mampir ke Jl. Zaenal Arifin No. 62 Kota Malang.

Angsle. Angsle atau wedang angsle, menjadi salah satu top rekomendasi kuliner untuk kalian santap di kota Malang, Jawa Timur. Udara kota yang sejuk karena dikelilingi gunung-gunung, menjadikan menu makanan yang mirip dengan sekoteng ini wajib kalian icip. Akan sangat cocok sekali jika dinikmati di malam hari. Isian Angsle sendiri, hampir mirip dengan sekoteng, yang membedakan adalah ditambahkannya isian petulo (putu mayang), bubur mutiara, ketan putih kukus, dan tape singkong. Juga dengan kuahnya, yang menjadi pembeda dengan sekoteng, kuah angsle ditambahkan sedikit santan yang menjadikan kuahnya sedikit lebih gurih dibanding sekoteng. Konon, pada resep aslinya, kuahnya tidak diberi jahe, namun karena adanya tambahan kata “wedang” yang identik dengan jahe, Angsle berevolusi ditambahkan jahe dalam kuahnya. Tetapi masih ada beberapa penjual Angsle yang tidak memakai jahe. Tinggal selera Sobat Coklat mau pilih yang mana.

Toko Es Krim Oen. Toko Oen sudah berdiri sejak 1930, dan menu yang disuguhkan merupakan masakan indo-Belanda, seperti nasi goreng, Beef Steak dst. Namun satu hal yang menjadikan Toko Oen sangat terkenal, berkat es krimnya yang sangat khas. Memasuki Toko Oen, kita akan disambut dengan spanduk “Welkom in Malang, Toko Oen Die Sinds 1930 Ann de gasten Gezelligheid Geeft” yang artinya Selamat Datang di Malang, Toko Oen Sejak Tahun 1930 Telah Memberikan Suasana Nyaman. Nuansa tempo dulu, bisa langsung Sobat Coklat rasakan setelah berada di dalam. Deretan kursi-kursi yang terbuat dari rotan yang rendah, ditambah meja bundar dan kesan motif taplak kotak-kotak adalah peninggalan dari masa lalu yang dipertahankan pemilik Toko Oen dari generasi ke generasi. Kesan tempo dulu ini memang sengaja dipertahankan, dan menjadi daya tarik sendiri toko Oen. Untuk urusan menu, es Krim menjadi jagoan dari toko Oen, rekomendasi kami Oen’s Special dan Tutti Frutti. Oen’s Special terdiri dari tiga scoop eskrim, dilengkapi wafer coklat, astor, whipped cream dan buah ceri. Sedangkan Tutti Frutti berbentuk seperempat lingkaran, dan kaya akan rasa buah di bagian tengahnya, di lapisan bagian luar es krim coklat.  Bagaimana soal rasa? Jangan khawatir Sobat Coklat, walaupun sedikit berbeda dengan es krim modern yang lebih halus dan creamy, es krim jadul toko Oen yang memiliki tekstur lebih kasar ketika masuk ke dalam mulut lebih terasa rasa susunya, karena dibuat home made. Manisnya pas, dan tidak menimbulkan kesan mual ketika disantap lumayan banyak. Tetap lumer dan membuat hati bahagia. Jl. Jenderal Basuki Rakhmad 5 kota Malang, JawaTimur. ***


You must be logged in to comment.