Ini Caranya Bikin Tanah Enak Dimakan!

Ini Caranya Bikin Tanah Enak Dimakan!

19 Apr 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1570 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat pernah merasakan rasanya makan tanah? Nah info coklat kali ini akan membahas cara masak camilan dari tanah Sobat. Yang harus kamu perhatikan, makanan unik ini bukan tanah berwarna merah atau cokelat yang biasa kamu temui. Ya benar, makanan ini berasal dari Jawa Timur, yaitu ampo. Tepatnya, para warga Tuban secara turun temurun masih melestarikan makanan ini. Bagaimana ampo ini dibuat Sobat? Inilah cara membuatnya!

Membuat Adonan Tanah

Seperti halnya membuat kue Sobat, ampo pun juga mempunyai proses sendiri sebelum dikonsumsi. Pertama yang harus dilakukan adalah memilah tanah bersih yang tidak berkerikil. Pisahkan sesuai lembut dan kasarnya tanah Sobat. Hal itu penting kamu lakukan untuk menyeragamkan tekstur tanah saat diproses di tahap berikutnya.

Cara membuat ampo1

Membentuk Tanah Menjadi Kotak

Dalam membuat ampo ternyata perlu memperhatikan tekstur tanah juga Sobat. Komposisi tanah dan air haruslah pas. Karena itu, tanah terlebih dahulu akan diolah secara manual dengan tangan sampai tidak meninggalkan rasa lengket lagi. Jika adonan dirasa sudah kalis, tanah kemudian dibentuk menjadi kotakan-kotakan sebelum nantinya dibentuk.

cara membuat ampo 2

Bentuklah Kotakan Tanah Menjadi Kecil

Jika kamu pernah melihat ampo, Sobat pasti setuju kalau bentuknya seperti astor atau wafer roll bukan? Tanah yang sudah kalis dan dibentuk kotak tersebut kemudian diserut dengan bambu atau kayu. Gulungan-gulungan tanah inilah yang nantinya akan dibakar Sobat. Tidak usah terpaku pada gulungan Sobat, saat ini ampo juga terlihat seperti biskuit berbentuk lingkaran. Bentuk dari ampo ini bisa kamu variasikan sesukamu.

Bakar Ampo

Setelah berubah bentuk menjadi potongan-potongan, ampo tentu harus dibakar atau diasapi Sobat. Caranya yaitu dengan memanggang ampo pada wajan panas di atas tungku tradisional. Kurang lebih satu jam lamanya, ampo  tadi akan mengeras dan mengering layaknya biskuit Sobat.

Sobat Coklat punya cara unik untuk memasak makanan khas daerah? Yuk bagikan ke Sobat Coklat lainnya!

Sumber: apakabardunia.com | aktobetimes.kz, gudangfeatures.worpress.com, dan cdn-finspi.com/image

Tags : Ampo , Makanan Khas , Tuban , Masak Tanah


You must be logged in to comment.