Ini Alasannya, Dulu KAA Betempat di Bandung!

Ini Alasannya, Dulu KAA Betempat di Bandung!

18 Nov 2016   |   By Harry Zein   |   860 Views

Coklatkita.com- Bukan tanpa alasan Kota Bandung dipilih oleh Presiden Soekarno sebagai tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama Sobat. Saat itu, terdapat 5 kepala negara dan 24 perwakilan negara dari Asia dan Afrika menghadiri acara besar tersebut. Lantas apa saja pertimbangan Soekarno memilih Kota Bandung Sobat Coklat?

Pada buku “50 tahun Indonesia dan Asia Afrika”, disebutkan bahwa atas kehendaknya sendiri Presiden Sukarno memilih Kota Bandung untuk KAA, Sobat. Menurut buku tersebut, alasan Soekarno memilih Bandung  karena ia merasa bahwa Bandung-lah titik awal perjuangannya memulai gerakan antikolonialime-imperialisme Barat di Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri, di Bandung juga Sukarno merintis gerakan perjuangan dengan mendirikan Algemene Studie Club (klab kuliah umum) pada tahun 1926 yang terinspirasi dari Indonesische Studie Club oleh Dr. Soetomo. Kelompok Soekarno inilah yang nantinya menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia 1927, Sobat.

Masih dari Kota Bandung, perjuangan Soekarno terus berlanjut hingga tahun 1930. Ia membacakan pledoi atau pembelaan yang disusun selama menjadi tahanan politik yang berjudul “Indonesia Menggugat” pada sebuah persidangan di Peradilan Landraad Bandung.

Tak hanya itu, penyusunan visi dan misi kemerdekaan yang terangkum dalam risalah “Mencapai Indonesia Merdeka” pun juga ditulis pada 30 Maret 1933 di Kota Kembang ini Sobat. Nah, tiga momen bersejarah inilah yang menjadi dasar untuk memilih Bandung pada wantu itu.

Ada juga pertimbangan lainnya  yang mendukung terselenggaranga KAA di Bandung, Sobat. Ketika itu, beliau menilai bahwa Bandung sudah memiliki hotel representatif bertaraf Internasional yang memungkinkan untuk para tamu undangan untuk menginap selama KAA berlangsung.

Sumber: detik.com | Gambar: beritasatu.com, deteksi, sukarno.org, city-data.com

Tags : Sejarah KAA , Kota Bandung dan KAA


You must be logged in to comment.

  • dusedprom
    dusedprom
    28 Jun 2018