Enaknya Makanan Ayam!

Enaknya Makanan Ayam!

26 Nov 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1459 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat pernah mendengar kata “bekatul”? Mungkin banyak orang muda saat ini yang tidak kenal bahan pangan yang satu ini. Meski umumnya bekatul dipakai untuk menjadi bahan pakan ternak ayam, namun di Kabupaten Magetan di Jawa Timur sana mengolah bekatul menjadi botok. Bagaimana bisa makanan berbahan dasar kulit padi ini menjadi makanan lezat? Beginilah asal-usul makanan bernama botok bekatul yang enak dan menyehatkan juga.

Dari namanya saja, botok bekatul ini dipastikan berbahan dasar bekatul atau kulit padi yang sudah dihaluskan. Tidak usah khawatir, bekatul ini tidak sama dengan bekatul untuk pakan ayam. Bekatul yang hendak dijadikan bahan dasar botok ini sudah sangat halus. Rasa dari bekatul tidak akan terlalu tajam karena dicampur dengan parutan kelapa, daun kemangi, dan irisan tomat yang nantinya dikukus sampai matang.

botok bekatul

Mungkin makanan ini sudah tidak terlalu terkenal saat ini, namun dahulu saat mengalami penjajahan Belanda, masyarakat Indonesia sangat akrab dengan bekatul. “Dulu, menurut cerita kakek nenek saya, waktu zaman perjuangan melawan Belanda, kita memang kekurangan makanan. Makanya zaman dulu, bekatul juga dikonsumsi, seperti dibuat botok,” tambah Sugeng Hariyanto salah seorang pedagang bekatul di Kecamatan Kutoharjo.

Melimpahnya bekatul di penggilingan padi membuat pria ini mampu menjual bekatul setiap harinya. Bahkan Sugeng mampu per harinya menjual  100 bungkus botok bekatul. Tak jarang orang-orang tua yang sengaja mendatangi warung Sugeng untuk mengenang makanan masa lalu ini. Karena keunikan rasanya, botok bekatul ini juga menjadi incaran pawa warga ibukota yang sedang berada di Magetan.

Meski berbahan dasar bekatul, Sobat Coklat harus tahu kalau penganan ini baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bekatul sendiri faktanya memang mengandung vitamin B5. Dan hebatnya, suplemen untuk penderita diabetes pun memiliki kandungan B5 yang lebih rendah dari bekatul alami. Menarik bukan Sobat Coklat? Ini tentu bisa jadi obat alami untuk sanak saudara kamu penderita diabetes.

Diolah dari vivanews.com dan sumber lain

Gambar:farm6.staticflickr.com dan img.youtube.com


You must be logged in to comment.