Candi Gedong Songo, Tempat Olahraga Sambil Wisata!

Candi Gedong Songo, Tempat Olahraga Sambil Wisata!

13 Dec 2016   |   By Karolina Ketaren   |   2147 Views

Coklatkita.com- Kota Semarang memang banyak menyediakan wisata yang menarik Sobat, namun wisata lain dari Kabupaten Semarang juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Daerah ini ternyata menyimpan candi-candi yang bisa dikunjungi Sobat, salah satunya candi Gedong Songo yang terletak di lereng Gunung Unggaran. Sekilas, karekteristik dari candi Hindu ini terlihat seperti Candi Arjuna yang ada di Dieng, Wonosobo, Sobat.

Satu hal yang unik dari candi ini Sobat, lokasi candi satu dengan yang lainnya cukup berjauhan dan tersebar di lereng-lereng Gunung Unggaran yang berada pada ketinggian sekitar 1.200 Mdpl. Jadi Sobat diharuskan untuk berjalan dari bawah lereng gunung terbawah hingga keatas. Namun nggak usah khawatir Sobat, saat mencapai satu persatu bagian dari candi ini rasa lelah terbayarkan dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Sobat, candi ini merupakan peninggalan budaya Hindu abad ke-9 yang ditemukan oleh Gubernur Inggris Raffles pada tahun 1804. Sekilas tentang, Sobat, konon Raffless hanya menemukan 7 candi sehingga awalnya candi ini diberi nama Gedong Pitoe  (gedung Tujuh). Namun pada tahun 1908-1911, seorang arkeolog Belanda bernama Van Stein Callenfels melakukan sebuah riset di kawasan ini dan menemukan 2 candi lainnya. Meskipun dahulu candi ini berjumlah 9 Sobat, namun jika kamu mengunjunginya, hanya ada 5 candi saja yang bisa kamu lihat Sobat.

Saat melihat sebuah candi, tentu saja benda budaya lain seperti arca bisa kamu temukan bukan Sobat? Nah dari candi yang konon dibuat di abad ke-8 ini, merkipun koleksinya sudah tidak lengkap, kamu bisa menemukan beberapa arca seperti Durga (Istri Siwa), Ghanesa (Anak Siwa), Agastya (Resi), Nandiswara dan Mahakala (Pengawal Siwa).

Salah satu mitos yang beredar dari candi ini yaitu jika kamu mengunjungi Candi Gedong Songo bersama pasangan hubungan mereka tidak akan langgeng, Sobat. Namun nyatanya, candi yang memiliki pemandangan indah ini merupakan tempat favorit muda-mudi saat berlibur. Satu tips untuk kamu yang ingin melihat pemandangan lebih jelas dari gunung besar seperti Merbabu, Telomoyo, Andong, dan Gunung Sumbing,  pilihlah waktu menjelang sore hari Sobat, dengan catatan cuaca sedang cerah.

Hal lain yang bisa kamu dapat setelah capek berkeliling yaitu memanjakan tubuh dengan mandi air panas dari sumber alami yang terdapat pada sebuah gua diantara candi 3 dan 4, Sobat. Yuk kunjungi berwisata sekaligus olahraga di Candi Gedong Songo!

Sumber: brobali.com | Gambar: LagiPergi.com, Informasi-Pendidikan.com, halosemarang.com

Tags : Candi Gedong Songo , Wisata Semarang


You must be logged in to comment.