Ada Bangunan ‘Suku Maya’ di Karang Anyar

Ada Bangunan ‘Suku Maya’ di Karang Anyar

1 Dec 2016   |   By Harry Zein   |   1005 Views

Coklatkita.com- Salah satu destinasi wisata ini memang tidak sepopuler Candi Prambanan ataupun Borobudur. Namun, dari Candi Sukuh yang terletak di Desa Berjo, Karang Anyar kamu bisa melihat candi Hindu hasil peninggalan dari kerajaan Majapahit yang tampilannya sangat unik Sobat. Lokasi Candi yang berada di kaki Gunung Lawu juga menjadi pemandangan eksotis lain dari alam Jawa Tengah Sobat.

Berbeda dengan Candi Hindu yang berundak-undak, Candi Sukuh ini berbentuk trapesium Sobat. Jadi jangan heran jika banyak orang membandingkan candi yang satu ini dengan bangunan dari Suku Maya yang ada di Meksiko, Amerika, Sobat. Satu hal yang unik dari Candi Sukuh yaitu terdapat banyak arca dengan bentuk mirip organ reproduksi manusia Sobat. Meskipun sempat menjadi kontroversi, lambat laun kehadiran candi ini bisa diterima oleh masyarakat sekitar.

Candi yang sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO ini terbagi menjadi tiga bagian bagian Sobat, yaitu teras pertama, kedua, dan ketiga. Meskipun bangunan utama Candi terletak pada bagian ketiga, namun bagian lain Candi Sukuh ini juga mempunyai kekhasannya yang sayang untuk dilewatkan.

Hal unik yang akan kamu dengar ketika mengunjungi Candi Sukuh adalah mitos tentang keperawanan wanita, Sobat. Saat menaiki tangga yang terdapat di lorong gapura candi, Sobat akan melihat dua relief saling berhadapan, konon tempat itu digunakan untuk mengetes keperawanan.

Perawan atau tidaknya perempuan konon bisa dilihat saat mereka melewati relief tersebut Sobat. Ketika kain yang dipakai wanita tersebut sobek dan mengeluarkan darah, tandanya permpuan tersebut masih perawan. Sebaliknya jika kain hanya terlepas tanpa mengeluarkan darah, tandanya perempuan tersebut sudah tidak perawan Sobat. Nah Sobat, akibat mitos ini banyak wisatawan yang ingin mencoba membuktikannya Sobat. Namun para wisatawan umumnya urung mencoba karena malu dan takut Sobat Coklat.

Dibalik semua mitos ini, Sobat Coklat wajib memasukan destinasi wisata ini saat mengunjungi Karang Anyar Sobat. Selain banyak akses menuju Candi yang mudah, disini kamu akan menemukan keindahan yang memanja mata. Dengan harga tiket 7 ribu rupiah saja, pemandangan bak bangunan 'Suku Maya' bisa kamu lihat di Indonesia Sobat Coklat.

Sumber: brobali.com | Gambar: lonelyplanet, jalansolo.com, ksmtour.com

Tags : Candi Sukuh


You must be logged in to comment.