Pakai Kentang Bisa Hemat Listrik 40 Hari!

Pakai Kentang Bisa Hemat Listrik 40 Hari!

14 Mar 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1787 Views

Coklatkita.com- Berapa macam energi alternatif yang sudah kamu tahu Sobat Coklat? Minyak jarak? Air laut? Nah, ada satu lagi yang harus kamu tahu Sobat Coklat yaitu kentang. Penemuan dari Rabinowitch dan rekannya akhirnya menyimpulkan kalau kentang bisa menyalakan sebuah lampu. Bagaimana bisa? Yuk kita simak Sobat Coklat.

“Sebutir kentang dapat memberi tenaga bagi lampu LED untuk menerangi satu kamar selama 40 hari,” ucap Rabinowitch dari Hebrew University of Jerusalem. Tidak kurang 20 varietas kentang ditelitinya Sobat Coklat. Akhirnya mereka menyimpulkan dalam perebusan kentang selama 8 menit mengakibatkan jaringan organik buyar, sementara reaksi elektron bebas terjadi sehingga akan muncul banyak energi baru.

Ilustrasi energi alternatif

Ingin mencobanya Sobat Coklat? Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan dua batang logam anoda (elektroda negatif, contoh: seng) dan katoda (elektroda dengan muatan positif, contoh: tembaga). Dengan prinsip pemasangan seperti batu baterai, energi yang dihasilkan bisa Sobat Coklat pakai untuk mengisi daya pada ponsel atau laptop.

Penelitian dari Rabinowitch ini diharapkannya bisa memberi penerangan untuk kota atau desa terpencil. Hanya dengan menancapkan sepasang plat logam, kabel, dan sebuah lampu LED dalam kentang maka “tring” lampu akan menyala Sobat Coklat.

Ilustrasi lampu LED nyala dengan kentang

Satu lagi yang luar biasa dari kentang ini Sobat Coklat, kentang yang sudah direbus yang dipotong dan disusun dengan kepitan lempengan tembaga ternyata bisa mengeluarkan energi sepuluh kali lipat dibanding memasangnya hanya pada satu buah kentang saja. Tertarik untuk mencoba Sobat Coklat?

Sumber: Intisarionline.com | Gambar: contently.com, muz4in.net, tested.com

Tags : Energi Alternatif , listrik , Kentang , Rabinowitch , Elektron , Katoda dan Anoda


You must be logged in to comment.