Menguak Hikayat Nenek Moyang Orang Sunda didalam Gua Pawon (Bagian 1)

Menguak Hikayat Nenek Moyang Orang Sunda didalam Gua Pawon (Bagian 1)

4 days ago   |   By Franco Londah   |   27 Views

Coklatkita.com - Sobat Coklat masih ingat dengan lima Anugerah Alam Indonesia? Ada penelitian menarik dari salah satu Anugerah Alam Indonesia yaitu di Gua Pawon yang terletak di kawasan Citatah, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Sebagian pakar arkeologi meyakini bahwa Goa Pawon di bagian barat kota Bandung, merupakan tempat asal usul nenek moyang orang Sunda?

Meski masih misteri dan mengundang pro dan kontra sebagian kalangan, bagaimanapun juga hal ini tercetus ketika sejumlah ahli arkeolog menemukan hasil penggalian yang disinyalir berasal dari rentang tahun 2003 sampai 2017, menemukan  sekitar tujuh fosil tulang belulang manusia purba yang diperkirakan berusia antara 5.600 tahun hingga 11.000 tahun.

Tim penggalian Gunung Pawon yang terdiri dari Balai Arkeologi Bandung menyebutkan bahwa ,penemuan ke tujuh individu tersebut ibarat kepingan teka-teki yang di rasa sanggup melengkapi kronologi keberadaan manusia prasejarah di tanah pasundan, khususnya Jawa Barat.

Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut dari berbagai pihak yang terkait. Dikarenakan banyak sekali acuan atau pendapat ahli yang berbeda satu dengan yang lain. Tak terkecuali dengan pandangan, cerita rakyat, kepercayaan adat istiadat serta pengetahuan para budayawan baik lokal maupun internasional tak terkecuali ahli sejarah yang paham serta berkompeten dalam meneliti asal usul  orang Sunda di bumi priangan.

Bersambung ke bagian dua.

#nenekmoyangorangsunda

#guapawon

#guapurba

#bandungbarat

#hikayatsangkuriangdayangsumbi

#sejarahbandung

#infobandungpurbakala

#retrospektiftinjauulang

Dari berbagai sumber

Tags :


You must be logged in to comment.