Lima Tempat “Kencan Dengan Alam” di Bandung, Bagian 2 - Tamat

Lima Tempat “Kencan Dengan Alam” di Bandung, Bagian 2 - Tamat

24 Apr 2019   |   By Franco Londah   |   226 Views

Coklatkita.com - 4.Gunung Puntang

Kekawasan Ciwidey dan Pangalengan. Masih banyak sekali objek-objek wisata alam di Bandung Selatan yang sejatinya dapat anda kunjungi juga, seperti Gunung MalabarKampung Batu Malakasari BanjaranSitu CileuncaKebun Petik Strawberry dan masih banyak lagi lainnya. Tapi dari daftar rekomendasi di atas tujuan wisata selanjutnya berada di sekitar Pangalengan, yakni Gunung Puntang. Destinasi lokasi wisata di Bandung Selatan yang sering juga dijadikan lokasi camping, outbond, hiking dan trekking.  Atau para mahasiswa dan para pecinta alam yang ingin mendaki Gunung Puntang sebagai ajang latihan ditempa oleh alam.

Puncak Gunung Puntang Sumber Foto Istimewa

Kawasan ini masih sangat asri, dengan masih banyaknya pepohonan lebat dan besar. Suasana rindang di bawah teduhnya dahan pohon menjadi sensasi tersendiri. Selain wisata alamnya, berwisata dengan muatan nilai sejarah dapat warga Bandung rasakan. Anda akan menemukan banyak sekali bangunan-bangunan tua bekas peninggalan belanda zaman dulu.

6. Situ Lembang dan Curug Pelangi

Dua destinasi terakhir bias dibilang cukup eksotis. Wilayahnya masuk daerah Bandung Barat dimana lokasi pertama, sebuah danau buatan berada di Desa Ketawangi/Parongpong, Kecamatan Cisarua Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Situ Lembang Sumber Foto Istimewa

Situ Lembang sendiri adalah sebuah danau buatan yang dibangun pada masa pemerintahan colonial Belanda pada awal abad ke 19, tepatnya pada tahun 1912. Lokasinya berada tepat di atas lokasi awal sebuah kaldera yang tercipta alami karena letusan Gunung Sunda purba sekitar tiga juta tahun yang lalu.

Lokasi Situ Lembang ini persis diapit oleh dua pegunungan di Bandung yaitu Gunung Tangkuban Perahu serta Gunung Burangrang, dengan ketinggian sekitar 1.570 meter di atas permukaan air laut, sehingga memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis dan berudara sangat sejuk meski terkadang bau belerang menyengat sesekali tercium.

Daya tarik wisata alam dari Situ Lembang adalah menawarkan wisata air danau yang airnya sangat jernih dengan latarbelakang alam sekitar pegunungan yang masih alami, indah dan hijau kawasan hutan pinus, beberapa warga Bandung yang sudah pernah kesini, kadang menyamakannya dengan film fiksi fantasi kolosal ” Lord Of The Ring“.

Lalu setelah puas menikmati danau dan pesona alam Situ Lembang, warga Bandung dapat menyempatkan mengunjungi Curug Pelangi yang beralamat di desa Cisarua, Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

Setingkat popularitasnya dengan Curug Cimahi serta The Rainbow WaterFalls, Curug Pelangi ini diresmikan dan dijadikan sebagai destinasi wisata untuk umum pada bulan Desember 2014 oleh kepala Perhutani Divre Jawa Barat Ir.EllanBerlian MM. Sehingga tanggung jawab pengelolaan di bawah naungan Perhutani secara langsung.

Curug Pelangi Cisarua Kab. Bandung Barat Sumber Foto Istimewa

Nama Curug Pelangi kian popular setelah menjadi destinasi buruan wisatawan baik dalam dan luar negeri. Ramai di media social penampakan foto-fotonya, salah satunya via Instagram. Selain dari daya tarik utama Curug Pelangi adalah keindahan air terjun setinggi 71 meter. Kami sarankan untuk melihat ‘pelanginya’ di waktu sore atau malam hari. Perubahan waktu dan kurangnya sinar matahari menimbulkan kesan ‘pelangi’ dari air terjunnya.

Kumaha coklatfriends, sudah siap ‘kencan dengan alam’ liburan kali ini?

Sumber : berbagai sumber

Tags :


You must be logged in to comment.