Ini dia Kopi Terbaik di Indonesia

Ini dia Kopi Terbaik di Indonesia

17 Jun 2015   |   By Sheisa Sastaviana   |   1907 Views

coklatkita.com - Sobat Coklat setuju ngga kalau obrolan bersama teman dan keluarga akan terasa jauh lebih nikmat jika ditemani segelas kopi? Kopi memang seringkali menjadi minuman pelengkap saat kita sedang berkumpul bersama orang-orang terdekat dan menjadikan suasana menjadi lebih hangat. Di Indonesia, ada banyak jenis kopi yang sangat terkenal, bahkan namanya sudah mendunia. Sebut saja Kopi Toraja dan Kopi Luwak yang harganya pun bisa mencapai ratusan ribu Rupiah.

Berikut ini adalah jenis-jenis kopi terbaik asli Indonesia yang bisa jadi referensi buat Sobat Coklat yang ingin menikmati sajian kopi dengan cita rasa tinggi:

Kopi Gayo. Kopi yang terbentuk dari letak Dataran Tinggi Gayo, Aceh dan beberapa unsur di lingkungan sekitarnya, menjadikan kopi ini memiliki aroma dan kenikmatan yang begitu khas. Kopi Arabica Gayo memiliki peringkat premium dan banyak diekspor ke negara-negara benua Eropa dan Amerika Serikat. Komoditas Kopi Arabika Gayo dikembangkan di tiga kabupaten yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Kopi  Sidikalang. Nama ‘sidikalang’ diambil dari nama sebuah kecamatan di Kabupten Dairi, Sumatera Utara. Hawa sejuk dan dingin di tanah pegunungan yang kaya mineral di kawasan Bukit Barisan, menghasilkan biji kopi Sidikalang yang bermutu tinggi. Kopi Sidikalang sangat terkenal dengan rasanya yang diakui mampu bersaing dengan kopi Brazil. Kopi Sidikalang sering disebut sebagai ikon kopi khas Sumatera.

Kopi Liwa. Ini adalah salah satu jenis Kopi Luwak yang kenikmatannya terkenal sampai ke mancanegara. Selain mengandalkan pengolahan dengan cara lama, Kopi Liwa juga diproduksi menjadi dua aroma, ginseng dan pinang. Cara mengolahnya sama dengan Kopi Luwak, yakni di-grading menjadi 3 bagian sesuai ukuran, kemudian kopi dimasukkan ke mesin sangrai dan dicampur dengan potongan-potongan kecil ginseng atau pinang.

Kopi Toraja. Salah satu jenis kopi khas Indonesia yang terkenal di dunia adalah Kopi Toraja dari Sulawesi Selatan. Kopi ini memiliki rasa yang khas yakni perpaduan rasa tanah yang terdapat pada kopi tersebut. Kopi Toraja terdiri dari dua jenis, yakni Kopi Toraja Arabika dan Toraja Robusta dengan kandungan asam yang rendah. Beberapa jenis kopi meninggalkan rasa pahit yang lumayan lama di mulut, tapi berbeda dengan Kopi Toraja yang rasa pahitnya langsung hilang setelah diminum.

Nah, jadi jenis kopi apa yang paling disukai oleh Sobat Coklat? ***

Sumber: Sendok Garpu


You must be logged in to comment.