Dimana Sesungguhnya Ibukota NKRI?

Dimana Sesungguhnya Ibukota NKRI?

25 Feb 2016   |   By Alfan Baedlowi   |   1212 Views

Coklatkita.com - Jakarta adalah ibukota Indonesia, semua orang tentu tahu hal itu termasuk Sobat Coklat. Tapi tahukah kamu kalau Indonesia pernah berganti ibukota beberapa kali dan itu terjadi sebelum kemerdekaan? Berikut ini adalah sejarah singkatnya:

Jakarta ke Yogyakarta

Kejadian tersebut berlangsung pada 17 Agustus 1945 setelah Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Pakualam VIII menyatakan bergabung dengan NKRI. Pada saat itu Belanda kembali bersama sekutu. Sesaat setelah itu Sri Sultan dan Pakualam mengirim orang ke Jakarta dan menyarankan agar ibukota negara Indonesia pindah ke Yogyakarta. Tanggal 4 Januari, ibukota NKRI resmi pindah ke Yogyakarta.

Yogyakarya ke Bukittinggi

Setelah berpindah ke Yogyakarta, ternyata Belanda terus mengejar dan sampai pada saat Ibukota Indonesia berpindah ke Bukittinggi Sumatera Barat pada 19 Desember 1948. Hal tersebut dilakukan karena pada saat itu Yogyakarta sudah diduduki oleh Belanda setelah berhasil menguasai Jakarta.

 

Bukittinggi ke Bireun, Aceh

Warga Aceh boleh berbangga hati. Pasalnya daerah tersebut pernah menjadi ibu kota Indonesia walaupun hanya sebentar. Berawal dari ibu kota sebelumnya yaitu Bukittinggi yang juga jatuh ke tangan Belanda dalam agresi militer II. Sobat Coklat tahu, hanya Indonesia negara satu-satunya yang pindah ibu kota selama tiga kali sebelum akhirnya kembali lagi ke Jakarta. Indonesia keren kan?

 

 

 

SOURCE: www.jadiberita.com

Tags : indonesia , ibukota , yogyakarta , bukittinggi , aceh


You must be logged in to comment.