Dampak Minuman  Manis Bersoda

Dampak Minuman Manis Bersoda

28 Aug 2015   |   By Karolina Ketaren   |   994 Views

coklatkita.com- Sobat Coklat sudah tahu bahwa sudah banyak riset tentang minuman bersoda? Ternyata minuman itu mempunyai dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa dari minuman dengan kadar gula yang tinggi ini sudah terbukti meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler, diabetes, bahkan menyebabkan kegemukan (obesitas).

Dampak yang lebih serius dari rutin minum minuman bersoda adalah terjadinya perubahan pada otak manusia. Riset dari para ahli membuktikan bahwa minuman bersoda mengakibatkan hiperaktif bahkan menghalngi kinerja protein dalam otak.

Fakta ini diperkuat dengan temuan peneliti dari Macquarie University, Sydney yang mencobakan minuman bersoda dan air putih  dengan kandungan soda yang sama. Alhasill, sampel tikus dengan konsumsi soda bergula lebih hiperaktif dibanding air dengan kandungan soda saja. Terdeteksi ternyata hampir 300 jenis protein dalam otak tikus tersebut berubah.

Penelusuran itu sama seperti pada kasus yang terjadi pada penderita kanker dan alzheimer. Paparan dari riset ini diantaranya resiko penyakit jantung, diabetes, dan peningkatan berat badan, kerapuhan tulang, kaknker pankreas, hingga kelumpuhan.

“Pada orang dewasa, konsumsi minuman bersoda berdampak besar pada asupan kalori per hari. Konsumsi dalam jangka panjang mengakibatkan perubahan tingkah laku dan kimia otak. Karena itu, bila haus minumlah air. Minuman bersoda tidak boleh terlalu sering dikonsumsi,” kata Seorang Peneliti Kesehatan bernama Franklin. Peringatan ini berlaku bagi siapa saja yang sering mengonsumsi minuman bersoda. Ia menyarankan agar mempertimbangkan efek positif dan negatif dari minuman berkadar gula tinggi ini.

Disarikan dari health.kompas.com


You must be logged in to comment.