Akibat Dijajah Muncul Bir Ini!

Akibat Dijajah Muncul Bir Ini!

21 Oct 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1157 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat, sama saja dengan bir sungguhan, minuman ini juga bisa menghangatkan badan bahkan membuatnya lebih segar juga. Tapi jangan berpikir kalau ini bir ini minuman keras ya Sobat, inilah minuman khas betawi yang populer di masa penjajahan yaitu bir pletok.

Minuman yang menyehatkan ini terbuat dari berbagai campuran seperti jahe, lada, perasan sereh, biji pala, kapulaga, kayu manis, daun pandan, dan jeruk purut. Dengan banyaknya campuran rempah, aroma bir ini tidak jauh berbeda dengan bir sungguhan Sobat Coklat.

Nah Sobat, cerita dibalik bir pletok ternyata cukup unik. Dahulu di masa penjajahan tepatnya  di awal tahun 1880-an, minuman keras bawaan bangsa Belanda mulai banyak dikenal di tanah Betawi. Di masa itu, penduduk Betawi yang mayoritas beragama Islam jelas menolak keberadaan minuman yang memabukan ini. Nah untuk mengganti minuman yang dinilai merugikan, masyarakat Betawi pun membuat minuman pengganti dari rempah-rempah yang kemudian dikenal dengan bir pletok.

Berkat minuman khas ini saat itu peminum bir sungguhan berkurang drastis dan beralih meminum bir pletok ini, Sobat. Namun saat ini bir pletok hampir punah akbat produksi bir yang beredar secara besar-besaran. Tertarik mencoba bir ini Sobat Coklat? Siapkan saja uang Rp 25 ribu dan kamu sudah bisa membawa pulang 1 liter bir pletok.

Sumber: republika.co.id | Gambar: video.stats.kompas.com dan kompasiana.com

Tags : Bir Pletok , Minuman Khas Indonesia , Minuman Khs Betawi


You must be logged in to comment.