Sulit Berolahraga? Mandi Air Panas Aja!

Sulit Berolahraga? Mandi Air Panas Aja!

7 Dec 2016   |   By Ulina K   |   775 Views

Coklatkita.com- Apa yang biasanya Sobat lakukan untuk merilekskan badan setelah lelah bekerja seharian? Mandi air panas Sobat? Nampaknya itu jadi salah satu pilihan tepat Sobat, bahkan dianjurkan oleh peneliti. Manfaatnya pun tidak remeh Sobat, mandi air panas ternyata setara manfaatnya dengan berolahraga.

Dilansir dari Tek Times, hasil studi menunjukan mandi air panas dapat mengurangi risiko dari kematian akibat stroke dan penyakit jantung Sobat. Hal ini bisa terjadi sebab saat mandi air panas, aliran darah Sobat akan meningkat dan tekanan darah akan berkurang.

Untuk membuktikan hal ini Steve Faulker, seorang peneliti dari Loughborough University, Inggris, melakukan uji coba terhadap 2300 orang lelaki berusia 20 tahun. Dan ternyata benar, manfaat dari kenaikan suhu tubuh akibat aktivitas fisik bisa didapatkan dengan memanaskan tubuh melalui mandi air panas Sobat.

Pada tahap pertama, para peserta ini diminta untuk mandi di dalam air panas bersuhu 40 derajat selama satu jam Sobat, selesai mandi mereka diberi makanan ringan. Sesi kedua, mereka diminta untuk berolahraga selama satu jam lamanya. Hasilnya, perbandingan dari olahraga dan mandi air panas yaitu tubuh dapat membakar 140 kalori ketika mandi dengan air panas dan setara sengan 30 menit berjalan kaki. Sedangkan bersepeda selama satu jam bisa membakar 630 kalori.

Sobat, meskipun berolahraga dapat membakar lebih banyak kalori dibanding mandi air panas, namun menurut Faulkner hal ini sudah cukup bermanfaat untuk tubuh dalam menghemat energi untuk mengolah zat gula. “Apa yang kami temukan, bahwa panas tubuh yang diperlukan guna mengolah glukosa sebenarnya sedikit lebih rendah setelah mandi, sekitar 10 persen lebih rendah dibandingkan dengan beraktivitas fisik," ujar Faulker.

Setuju kan mandi air panas di sore hari hari besar manfaatnya, Sobat?

Sumber: CNN Indonesia | Gambar: analisadaily.com, okezone.com

Tags : Manfaat Mandi Air Panas


You must be logged in to comment.