Sebelum Tidur,  Yuk Batasi Penggunaan Smartphone!

Sebelum Tidur, Yuk Batasi Penggunaan Smartphone!

27 Dec 2016   |   By Ulina K   |   877 Views

Coklatkita.com- Sobat, apa hasilnya jika sebuah penelitian mencoba menghitung perbandingan waktu tidur dengan waktu melihat smartphone? Hasilnya ternyata cukup mengejutkan, dalam jurnal Plos ONE tercatat bahwa orang-orang masa kini cenderung lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan melihat smartphone sekalipun itu pada jam tidur mereka Sobat. Uji sampel ini kurang lebih dilakukan terhadap ratusan peserta selama satu bulan lamanya Sobat.

Disadari atau tidak Sobat, faktanya smartphone memiki jenis cahaya biru yang memberikan efek negatif pada waktu tidur. Penelitian membuktikan bahwa kadar hormon melatonin yang cenderung meninggi akan mengurangi kualitas tidur seseorang Sobat dan ini terjadi ketika waktu tidur berkurang. 

Dari hasil penelitian ni ditemukan 650 partisipan yang menghabiskan 3,7 menit perjam selama 30 hari untuk melihat smartphone Sobat. Jadi, bisa disimpulkan hampir satu jam mata kita terpapar sinar biru setiap harinya. Nah Sobat, kurangnya tidur bagi seseorang juga bisa menyebabkan beberapa akibat bagi tubuh seperti obesitas, diabetes, sakit jantung, hingga depresi.

Hasil penelitian ini belum menghitung paparan cahaya biru lain seperti pada televisi, video game, dan penggunaan komputer. Jadi akan sangat lama bukan mata kita terpapar cahaya biru setiap harinya? Porsikan waktu tidur dengan tanpa gangguan smartphone bisa salah satu solusinya bukan Sobat?

Sumber: medicaldaily.com via nationalgeographic.co.id | Gambar: BacaAku, klimg.com

Tags :


You must be logged in to comment.