Sahur dan Berbuka Puasa dengan Tepat

Sahur dan Berbuka Puasa dengan Tepat

7 Jun 2016   |   By Innas Hasna   |   737 Views

Coklatkita.com - Bulan Ramadhan menjadi momen untuk kita bisa menahan diri, termasuk dari makan dan minum. Ada sebagian orang yang merasa lemas saat berpuasa, sehingga aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Namun, ada juga yang tetap menjalankan ibadah puasa tanpa terganggu dalam beraktivitas. Agar puasa Sobat Coklat tetap terjaga dan aktivitas tidak terganggu, simak beberapa tips untuk sahur dan berbuka puasa berikut ini.

Sahur, bukan soal banyaknya makanan yang harus dikonsumsi agar kuat menjalani puasa hingga waktu berbuka. Kita harus selalu menyiapkan makanan yang mengandung serat dan protein untuk menu sahur kita. Sumber protein bisa didapatkan dari daging, telur, keju, susu, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Sedangkan serat bisa kita dapatkan dari buah-buahan atau sayuran.

Jangan lupa untuk meminum air mineral saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Selain itu, Sobat Coklat juga bisa memakan buah-buahan, terutama yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, jeruk, dan lainnya. Jika malas memakan potongan buah-buahan utuh, bisa diganti dengan meminum smoothies atau jus buah. Ingat, hindari untuk meminum kopi dan teh, karena bisa membuat kita haus dan dehidrasi di siang hari.

Berbuka puasa menjadi waktu yang ditunggu-tunggu, tapi jangan sampai kalap sehingga makan berlebihan. Dahului dengan meminum air mineral atau minuman lainnya, namun jangan dalam keadaan dingin. Karena perut yang kosong setelah seharian berpuasa akan terkejut saat menerimanya. Santaplah makanan ringan seperti kurma, sop buah atau kolak dan jangan langsung mengkonsumsi makanan berat, apalagi junk food.

Untuk sahur dan berbuka, usahakan untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya, serta mengkonsumsi air mineral dua gelas saat sahur dan empat gelas saat malam hari. Hindari makanan atau cemilan berkalori tinggi yang tidak baik untuk kesehatan kita. Perhatikan juga kemampuan fisik kita untuk menjalankan puasa, Sobat Coklat. Karena beberapa syarat untuk bisa berpuasa adalah sehat dan mampu.

Sudah menjalankan tips di atas, Sobat Coklat? Semoga ibadah puasanya dilancarkan, yaa!

 

Diolah dari berbagai sumber. Gambar: supersana.com

Tags : tips puasa , tips sahur , tips buka puasa , tips puasa sehat


You must be logged in to comment.