Cara Tepat Rawat Motor Matic Injeksi

Cara Tepat Rawat Motor Matic Injeksi

26 Nov 2016   |   By Harry Zein   |   1248 Views

Coklatkita.com- Bagaimana cara merawat motor matic injeksi dengan benar Sobat Coklat? Tentu semua jenis matic tidak akan sama bukan, karena perawatan motor kan bergantung juga pada spesifikasinya. Nah Sobat, meskipun begitu perawatan motor matic injeksi secara umum tentu bisa dilakukan dan nggak harus bergantung pada jenisnya. Karena perlunya penanganan ekstra agar mesin motor tetap prima, Coklat Kita punya tipsnya Sobat.

Warm Up (Pemanasan)

Sobat Coklat, penting untuk memperhatikan waktu istirahat dari motor matic injeksi kamu. Ketika motor didiamkan lebih dari 12 jam Sobat, biasakan memanaskan mesin sekitar 3-5 menit sebelum menjalankan. Gunakan juga kick starter ketika kondisi mesin benar-benar sudah dingin Sobat. Jangan membiasakan menyalakan mesin dengan elektrik starter saat mesin motor dingin karena akan merusak aki motor lebih cepat.

Menjaga putaran GAS

Perlakuan saat mengendarai motor matic dan manual dengan sistem karburator tentunya tidak bisa Sobat disamakan. Para pengendara motor manual biasanya bisa melakukan manuver kecepatan dengan mendadak bukan Sobat? Namun pada motor matic jika melakukan speed up ataupun speed down dengan mendadak, tentunya akan mempercepat kerusakan mesin Sobat. Berkendara dengan perubahan kecepatan yang bertahap tentunya jadi solusinya.

Rutin Mengganti Oli

Penting buat kamu mengetahui berapa lama sebaiknya oli mesin dan gear box diganti Sobat Coklat. Pada motor matic injeksi, telah ada standar pabrik yang tidak bisa disamakan dengan motor karburator bukan? Meskipun begitu, penggantian oli juga bergantung dengan seberapa sibuknya Sobat berkendara. Tetapkan saja aturan, 1000 km untuk mengganti oli mesin, dan gear box ketika sudah mencapai 5000 km.

Periksa Busi Dan Aki

Sobat Coklat sudah tahu kalau pengecekan kualitas pengapian mesin dilakukan dengan memeriksa busi? Jika kepala busi memperlihatkan bekas pembakaran yang bersih dan kering, tandanya pengapian masih sempurna Sobat. Dan sebaliknya, jika kepala busi gosong, berwarna gelap, atau basah, itu pertanda pengapian sudah nggak maksimal dan busi akan mati. Penting untuk kamu mengganti busi rusak dengan suku cadang asli untuk kualitas pengapian maksimal Sobat.

Perawatan Aki

Kebanyakan dari motor matic injeksi biasanya menerapkan jenis aki kering Sobat. Jadi perawatan yang bisa kamu lakukan hanya menjaga kebersihan aki seperti konektor (sel), juga badan aki supaya tidak terjadi induksi yang akhirnya membuat aki konslet.

Ganti Oli Shockbreaker

Fungsi dari komponen ini adalah membantu mesin melakukan manuver di kecepatan rendah dan tinggi Sobat. Penting untuk diketahui kalau motor matic injeksi menggunakan single shockbreaker. Jadi ada baiknya kamu memilih shockbreaker dengan kualitas yang baik. Ganti oli secara berkala setiap 10.000 km bisa membuat kerja shockbreaker lebih maksimal. 

Sumber: travoz.com | Gambar: maticmotor.com, otomotif.liputan6.com,  federaloil.co.id, otosia.com

Tags : Tips Rawat Mototr Matic Injeksi


You must be logged in to comment.