Apakah Triclosan Membahayakan?

Apakah Triclosan Membahayakan?

27 May 2016   |   By Karolina Ketaren   |   386 Views

Coklatkita.com- Sobat, kamu pasti berpikir kalau mengikat gigi dengan pasta gigi setiap hari adalah sehat. Tapi sebuah studi membantah fakta umum tersebut. Penelitian terbaru ternyata menemukan bahwa pasta gigi ternyata bisa membahayakan kesehatan kita Sobat Coklat!

Satu zat bernama triclosan banyak terkandung dalam pasta gigi, sampo, sabun, deodoran, mainan bahkan plastik sampah. Setelah ditelusuri, zat ini merupakan antimikroba yang bisa membahayakan bakteri penting yang ada dalam usus manusia Sobat. Bahayanya, zat ini dengan mudah bisa menyerap cepat di kulit manusia Sobat.

gel dengan triclosan

Untuk membutktikannya, para ilmuwan menguji zat ini pada seekor zebra. Hasilnya, zat ini terbukti mengganggu bakteri pada sistem pencernaan zebra. Meski efeknya belum terlalu jelas, para peneliti meyakini bahwa terganggunya “mikrobium” yang ada di tubuh manusia bisa memicu penyakit diabetes, jantung, arthritis bahkan kekurangan gizi Sobat Coklat.

ilustrasi sakit perut

Sobat, zat bernama triclosan ini dahulu digunakan sekitar tahun 1970-an di rumah sakit sebagai kimia antibakteri. Dahulu, antibakteri ini sangat dibutuhkan untuk mencegah berbagai penyakit Sobat Coklat. Namun, ternyata penggunaan zat ini justru membunuh bakteri bawaan tubuh manusia sendiri. Lebih lanjut, menurut dr. Christopher Gaulke, bakteri dalam usus bisa menghalau jenis sakit pada jantung maupun syaraf Sobat.

Berbeda dengan dr. Christopher Gaulke, peniliti lain dari Stanford School of Medicine menganggap bahwa triclosan sama sekali tidak membahayakan. Meski Ia juga menemukan adanya perubahan mikroorganisme dalam tubuh akibat zat ini, Ia mengganggap hal ini sama sekali tidak membahayakan sistem pencernaan manusia.

Sumber: Intisarionline.com | Gambar: improntaunika.it, fireflydaily.com, hariansehat.com

Tags : Triclosan


You must be logged in to comment.