Trashbag Community: Gunung Bukan Tempat Sampah

Trashbag Community: Gunung Bukan Tempat Sampah

17 Jun 2015   |   By Sheisa   |   3354 Views

coklatkita.com - Berawal dari keprihatinan terhadap banyaknya sampah yang beserakan di kawasan pegunungan di Indonesia, telah mengetuk hati sekelompok anak muda untuk bergerak menjadi relawan membersihkan sampah di pegunungan. Trashbag Community merupakan sebuah komunitas anak-anak muda yang peduli terhadap sampah gunung. Komunitas ini terbentuk pada 11 November 2011 di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan sejak itu selalu menyebarkan semangat dan pengetahuan akan pentingnya untuk tidak membuag sampah sembarangan di gunung.

Kondisi memprihatinkan yang terjadi saat ini adalah begitu banyaknya gunung yang memiliki kondisi darurat sampah. Trashbag Community selalu terjun langsung ke lapangan dan memunguti sampah-sampah yang beserakan di sekitar kawasan perkemahan. Dalam menjalankan kegiatannya, Trashbag Community tidak hanya terfokus pada acara-acara besar saja, namun mereka melakukannya setiap waktu.

Kampanye yang mereka lakukan juga terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah relawan yang aktif dan terlibat langsung di lapangan, kedua adalah relawan yang menyebarkan gerakan dan mendukung aksi di media sosial. Aksi peduli sampah gunung ini juga didukung dengan memberikan edukasi kepada para pecinta alam, hingga pemantauan sampah di gunung. Setiap aksi yang dilakukan oleh Trashbag Community ditujukan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak terhadap kondisi nyata di lapangan. Buat Sobat Coklat yang ingin bergabung dengan Trashbag Community, cek Twitter @trashbagcomm dan Facebook Fan Page Trashbag Community. ***

 

Sumber: Facebook Trashbag Community


You must be logged in to comment.