Komunitas Hong, Sajikan Permainan Anak Masa Lalu

Komunitas Hong, Sajikan Permainan Anak Masa Lalu

26 Aug 2016   |   By Harry Zein   |   1476 Views

Coklatkita.com- Tidak hanya terkenal dengan banyak destinasi wisatanya, Indonesia adalah negara yang juga kaya dengan aneka permainan tradisional bukan Sobat? Dan salah satu cara untuk melestarikannya adalah membentuk kelompok pecinta permainan tradisional juga memperkenalkannya. Nah Sobat, hal itu ternyata telah sejak lama dilakukan di Bandung oleh Komunitas Hong.

Sobat Coklat pasti setuju kalau nama komunitas ini begitu unik bukan? ‘Hong’ ini ternyata adalah ungkapan dalam permainan sunda yaitu ucing-ucingan (istilah petak umpet dalam basaha sunda.red) yang artinya bertemu. Dan kata Hong ini akan diucapkan seseoang yang berhasil menemukan lawannya saat bermain ucing-ucingan.

Didirikan oleh Mohhammad Zaini Alif di tahun 2005, komunitas yang menjadi pusat kajian mainan rakyat ini berlokasi di Jalan Bukit Pakar Utara No. 35. Sampai sekarang Komunitas Hong sudah memiliki ratusan anggota dari anak kecil hingga dewasa Sobat. Dengan  kegigihannya Mohhammad Zaini Alif berhasil mendokumentasikan setidaknya 250 permainan tradisional Sunda, 213 permainan tradisional dari Jawa Tengah dan Timur, dan sekitar 50 permainan yang berasal dari Lampung Sobat.

Disampaikan oleh Kang Zaini Soba kalau permainan tradisional yang ada di Komunitas Hong ini adalah kumpulan hasil riset dari Studi S1, S2, dan S3 darinya selama menempuh pendidikan tentang permainan tradisional di ITB. Dari riset itu tercatat ada 2.500 jenis permainan tradisional yang tersebar di seluruh Indonesia, Sobat Coklat.

Untuk mengunjungi kawasan dari Komunitas Hong ini, Sobat akan dikenakan biaya tiket. Tapi tidak usah khawatir akan rugi sebab tiket ini sudah termasuk paket masakan tradisional Sunda seperti ubi rebus, bandrek, kacang rebus, sayur rebung, singkong kelapa dan yang lainnya. Seperti kembali ke masa lalu, cara minumnya sangat khas Sobat Coklat yaitu dengan menggunaka batok kelapa.

Bukan hanya sekedar tahu ragam dari permainan tradisional Sobat, di komunitas ini kamu bisa juga ikut bermain. Tinggal pilih saja mau main boy-boyan, engrang, atau bebentengan? Atau mungkin belajar membuat aneka mainan tradisional dari bahan alami? Nah, semuanya sangat bisa dilakukan bersama komunitas ini.

Sobat Coklat yang punya ketertarikan yang sama dengan Komunitas Hong? Yuk jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas ini!

Sumber: Merdeka.com | Gambar: dok.Tasya Putri, travel.detik.com.

Tags : Komunitas Hong , Pusat Permainan Tradisional


You must be logged in to comment.