FKPAB, Cinta Untuk Alam dari Brebes

FKPAB, Cinta Untuk Alam dari Brebes

5 Oct 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1253 Views

Coklatkita.com- Kalau mendengar kata kelompok pecinta alam, yang terbesit pasti semua kegiatannya alam seperti, mountaineering, rock climbing, caving (susur gua) dan yang lain. Tapi ada satu yang berbeda dari komunitas Forum Komunitas Pecinta Alam ini. Jika komunitas lain hanya fokus mencari spot-spot untuk menguji adrenalin, komunitas ini ikut mengeksplor wilayah Brebes dimana komunitas ini terbentuk.

Penanaman mangrove, eksplorasi spot alam baru di Kabupaten Brebes, kegiatan penghijauan, menyosialisasikan kegiatan alam melalui serangkaian acara pendakian masal (penmas), dan juga beberapa kegiatan sosial bencana alam menjadi tambahan tak ternilai untuk komunitas ini.

Berdiri di tahun 2000 hingga sekarang mereka cukup tanggap dalam menanggapi informasi bencana alam. Saat Gunung Merapi meletus, banjir melanda Kabupaten Pati, longsor di Kecamatan Sirampog Brebes mereka dengan sigap merapat barisan membantu.

Salah satu unggulan dari komunitas ini adalah acara pendakian masal yang selalu diadakan setiap tahun. Dengan mengedukasi masyarakat yang mempunyai minat dengan kegiatan alam, komunitas ini berharap tidak ada kejadian seperti kecelakaan ketika pendakian dan tersesatnya para pendaki bisa dikurangi. Bukti dari kepedulian mereka ini salah satunya diwujudkan dengan mencari pendaki yang diperkirakan hilang di Gunung Slamet beberapa tahun silam.

Untuk Sobat Coklat  Brebes yang memiliki hobi terhadap berbagai kegiatan alam dan sosial, tentu bergabung tidak ada salahnya bukan?

Sumber: Anggota FKPAB
Gambar: Dokumentasi Pribadi Komunitas

Tags : Pecinta Alam , Sobat Komunitas Brebes


You must be logged in to comment.