Bukan Kelahi, Tapi Silaturahmi

Bukan Kelahi, Tapi Silaturahmi

21 Nov 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   1163 Views

Coklatkita.com- Dentuman musik dan gesekan alat lainnya ikut meramaikan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pementasan Pencak Silat Jampang Karang Bolong yang ada di Desa Karang Bolong Sukabumi.

Mugianto selaku ketua Pencak Silat (PS) ini menjelaskan bahwa PS ini didirikan pada tahun 1976 dan sekarang sudah mempunyai 48 orang anggota dengan rentang umur 6 tahun sampai 40 tahun. Pencak silat ini juga selalu melakukan latihan rutin demi menjadi kondisi badan yang fit karena Mugianto sendiri mengaku, inti dari pencak silat adalah olahraga.

Jurus dalam pencak silat sendiri bisa dikatakan pecahan dari olahraga dan teori, seperti Pajampangan dan beberapa jurus lainnya seperti Cimande, Tepak Tiga, tepak Tujuh dan tepak Perere. Hal lain yang membedakan pencak silat ini adanya tangkisan tipis dan tebal yang bisa langsung mengenai tubuh lawan ketika diadakan pertandingan.

Latihan pencak silat ini juga dibedakan antara anak-anak dan dewasa. Anak-anak dengan tujuan olah raga dan senang-senang, sedangkan untuk dewasa tujuannya bela diri dan seni. “Lebih dari ribuan panggung sudah saya tampilkan, sampai kecamatan ciemas, kalibuner dan lainnya” Ujar Mugianto lagi.

Mugianto menambahkan bahwa inti lain dari pencak silat sebenarnya adalah silaturahmi, karena silat sendiri berasal dari kata silaturahmi. “Jadi harus silaturahmi dengan perguruan manapun tukasnya”

Bagaimana? Sobat Coklat berminat untuk belajar bela diri sambil silaturahmi dan menambah saudara baru?

Tags :


You must be logged in to comment.