Ngabuburit Yuks!

Ngabuburit Yuks!

10 Jun 2016   |   By Coki Levy   |   1501 Views

Coklatkita.com- Ngabuburit adalah menunggu senja tiba. Asalnya dari kata bahasa Sunda burit yang artinya senja. Istilah ini lazim digunakan ketika bulan puasa karena sama dengan menunggu waktu berbuka puasa. Karena lazim dilakukan selama menunaikan ibadah puasa, maka kegiatan ngabuburit biasanya positif dan bisa mengalihkan diri dari rasa haus dan lapar. Umumnya, orang-orang melakukan ngabuburit setelah ashar hingga waktu magrib menjelang. Anak-anak bermain di lapangan, atau berjalan-jalan keliling kampung. Mereka memainkan berbagai permaian yang dekat dengan mereka, sementara para remaja, pemuda pemudi tampil gaya sehabis mandi sore untuk saling bertemu satu dengan lainnya.

Jika di waktu-waktu biasa yang begitu padat dengan aktivitas keseharian sangat sulit kita bertemu sanak keluarga dan kawan-kawan, maka di bulan puasa waktu bagai semakin dilengangkan. Semua orang keluar untuk menikmati waktu kebersamaan. Adik kakak dan sobat kental yang biasanya begitu sibuk bersekolah kini bergandengan tangan menuju tanah lapang. Ngabuburit kemudian menjadi arena kembali mendekatkan diri dengan keluarga, kawan-kawan, lingkungan sekitar, dan tentu saja dengan Allah SWT.

Ngabuburit Coklat Kita memahami hakikat ini. Setelah berjalan selama 14 tahun bersama band Gigi, tahun ini Ngabuburit Coklat Kita kembali hadir untuk menghadirkan kembali rasa itu. Lebih semarak, kini Gigi bersanding dengan Anji, Melly Mono, Ipang, Candra Malik, Minlandunka Band di Majalengka, Pangandaran, Cilacap, Slawi, Sukabumi, Bekasi, Indramayu, dan Subang. Mereka hadir menggalang kebersamaan sejak 11 Juni hingga 29 Juni 2016. Musi bersanding dengan dialog mengenai bagaimana kita tetap menjaga kebersamaan, rekonsiliasi melalui penghargaan atas keragaman.

Dan musik memang bahasa universal. Semua orang mengerti kisah melalui nada-nadanya yang diapresiasi secara bebas dan terbuka. Karena itulah musik bermuatan komunalitas. Semangat ini kemudian menjadi momentum yang menciptakan ketenangan, kebersamaan, keintiman; juga mendidik kita tentang tenggang rasa dan jiwa budi perkerti yang luhur. Ngabuburit adalah momentumnya dan Coklat Kita tetap setia mengiringi hasrat ini.

Mari Sobat Coklat, ngabuburit yuks!

Tags : Coklat Kita Ngabuburit , Majalengka , Slawi , Pangandaran , Sukabumi , Cilacap , Bekasi , Indramayu , subang


You must be logged in to comment.