Rebeg, Sulapan Jeroan Kambing Yang Lezat

Rebeg, Sulapan Jeroan Kambing Yang Lezat

5 Oct 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1146 Views

Coklatkita.com- Bagaimana cara Sobat Coklat memasak jeroan kambing? Jika bingung menjawab atau bosan memasak jeroan kambing dengan cara itu-itu saja, sepertinya dengan mengolahnya menjadi rebeg patut untuk dicoba. Rebeg sendiri adalah masakan khas dari Banten. Tidak terlalu sulit untuk mengolah penganan lezat khas Kesultanan Banten lama ini. Berikut ini Coklat Kita akan membahas cara pengolahan Rebeg dari Sumiati seorang pengusaha Rumah Makan Rebeg H. Naswi di Kota Serang.

Beberapa jenis jeroan kambing seperti babat, usus, paru, jantung dan hati dapat kamu digunakan untuk membuat rebeg ini. Hanya, pada resep rebeg ini gunakan satu kilogram jeroan saja untuk 5 porsi.  Bumbu yang bisa kamu siapkan ada bawang merah dan bawang putih masing-massing 100 gram, tiga sendok makan lada putih, 10 buah cabai rawit, sebutir biji pala, dan dua sentimeter lengkuas.

Sebelum proses memasak dilakukan, cuci bersih jeroan, kemudian rebuslah hingga mengeluarkan busa-busa putih. Buang habis busa-busa yang mengumpul di atas jeroan, fungsinya agar bau pada jeroan benar-benar hilang. Bahkan lebih baik untuk menambahkan daun salam dan lengkuas saat merebus.  Namun, jangan merebusnya sampai terlalu empuk ya.

Setelahnya siapkan jahe, lengkuas dan biji pala yang telah dimemarkan. Rajanglah bawang merah dan bawang putih. Tumislah semua bumbu sampe aromanya tercium, kecuali salam dan sereh. Jeroan yang sudah dipotong-potong dimasukan kedalam tumisan bumbu yang sudah dicampur dengan air rebusan sisa merebus jeroan. Jangan lupa untuk memberi garam serta gula sesuai dengan selera. Terakhir, masak rebeg tersebut hingga benar-benar matang. Selamat Mencoba ya Sobat Coklat!

Diolah dari antaranews.com

Gambar: tribunnews.com

Tags : Kuliner Khas , Banten , Jeroan Kambing , Tip Masak


You must be logged in to comment.