Menyelami Istana Masa Lalu dari Keraton Tamansari

Menyelami Istana Masa Lalu dari Keraton Tamansari

28 Jul 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1445 Views

coklatkita.com- Jika sobat coklat mendapat kesempatan berkunjung ke daerah Istimewa Yogyakarta, meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar Kawasan Wisata Taman Sari tentu patut dicoba. Hanya 15 menit dari alun-alun utara Keraton Yogyakarta, kamu akan dimanjakan dengan tampilan menawan paduan dari berbagai gaya arsitektur dunia. Pemandangan kerajaan masa lalu masih nampak jelas disini mulai dari istana air, masjid dibawah tanah, dan taman-taman kerajaan.

Seiring dengan maraknya pembangunan di kota tua ini, salah satu cagar budaya paduan arsitektur khas Eropa, Jawa, Hindu, dan Cina seperti Taman Sari masih dapat menceritakan kejayaan masa lalunya. Begitu juga dengan bangunan dari istana air (water castle) yang menjadi wisata tujuan utama dari turis domestik dan asing ketika berada di area ini. Saat berkeliling, sobat coklat juga dapat melihat kumpulan rumah tua yang masih mempertahankan bentuk aslinya. 

Istana Air Yogya

Konon, kolam air ini merupakan tempat mandi keluarga kerajaan. Istana air ini terdiri dari beberapa kolam pemandian diantaranya kolam untuk putra-puri raja (Umbul Kawitan), kolam untuk selir-selir raja (Umbul Pamuncar), dan kolam untuk raja (Umbul Panguras). Kita bisa melihat pemandangan istana air secara luas dari sebuah menara. Dari bagian teratas menara, seluruh area Taman Sari bisa sangat jelas terpancar, kamu seakan dapat melihat masa lalu dari keraton ini.

Untuk mengunjungi objek wisata ini, sobat coklat hanya perlu membayar tiket seharga Rp. 3000, sedangkan untuk turis mancanegara dikenakan Rp. 7.000 saja. Dari pukul 8 pagi hingga jam 2 siang hari kamu dapat menelusuri kawasan Keraton Taman Sari dengan puas. So, buat kamu yang sedang asyik berlibur di Yogyakarta kunjungi tempat indah ini ya!

Sumber Gambar: fanta-fairy.blogspot.com dan coretanpetualang.wordpress.com

Tags :


You must be logged in to comment.