Hebat! Musik Aceh Sampai Ke Eropa

Hebat! Musik Aceh Sampai Ke Eropa

23 Oct 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   1383 Views

Coklatkita.com- Taring musik etnik Indonesia mungkin kurang digemari di Indonesia, tapi tahukan Sobat Coklat bahwa ada musik etnik yang ternyata memiliki nama di luar negeri. Kelompok musik etnik KanDe yang berasal dari Aceh misalnya.

Kelompok musik KanDe ini terdiri dari 12 personil. Mereka banyak memadukan musik Tradisi Aceh yang didominasi perkusi (Rapai, Geundeurang, tamboe, Rapai Pasee) dan seureune kalee. Meski memperkenalkan diri sebagai kelompok musik etnik, KanDe tetap menggunakan musik modern yang dipadukan sehingga menghasilkan nada baru yang menawan.

Banyak penonton yang mengaku terkesan dengan kelompok musik ini. “Its a amazing,” ujar penonton yang mengaku belum pernah menyaksikan pertunjukkan kelompok musik KanDe.

Kelompok musik ini lebih banyak membawa musik dengan tema perdamaina dan lingkungan disamping lagu-lagu yang berisi tentang nasehat untuk tetap berbuat baik kepada sesama.

Beberapa negara di Eropa seperti Inggris dan Skotlandia, pun berdatangan sehingga mereka mengundang KanDe untuk menampilkan performa musiknya yang khas Aceh. Penampilan mereka yang terbaru adalah di Opening Ceremony ajang pameran buku terbesar dunia, Frankfurt Book Fair 2015 di Jerman.

KanDe juga mendapatkan apresiasi berupa penghargaan diantaranya adalah Herald Angel Award 2015 di Edinburgh Fringe Festival, bulan Agustus yang lalu.

Kata KanDe berasal dari bahasa Aceh yang berarti “Lampu Gantung”. Lampu ini mempunyai sembilan sumbu yang menjadi penerang bagi masyarakat yang pada saat itu berada dalam keadaan gelap gulita didera konflik yang berkepanjangan.

Ayo jadi penenang untuk sesama.

goodnewsfromindonesia.org

Tags :


You must be logged in to comment.