Agar Lebih Sehat, Kenali 5 Jamu Ini

Agar Lebih Sehat, Kenali 5 Jamu Ini

3 Oct 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1288 Views

Coklatkita.com- Kamu pasti sudah nggak asing dengan minuman yang satu ini, jamu. Minuman warisan asli dari nenek moyang Indonesia ini dikenal sejak dulu kaya akan berbagai khasiatnya. Coklat kita kali ini akan membahas manfaat dari beberapa jamu tersebut. Yuk lestarikan tradisi minum jamu dan kenali berbagai jenisnya.

Beras Kencur

Sobat Coklat yang susah makan sewaktu kecil pasti gak akan lupa sama beras kencur. Minuman ini dipercaya dapat menambah nafsu makan pada anak. Beras kencur sendiri terdiri dari beras, kencur, jahe, dan gula merah. Campuran bahan lain dalam jamu ini adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulaga, dan bahan lainnya. Khasiat lain dari beras kencur ini yaitu membuat tubuh lebih bugar dan meredakan badan pegal.

Paitan

Seperti namanya, jamu ini memang terasa pahit. Namun, khasiatna sangat beragam. Jamu ini dipercaya bisa membersihkan darah, jika kamu meminum jamu ini secara rutin. Nggak cuma itu, tingkat kolesterol dalam tubuh seseorang juga relatif akan menurun. Biar rasanya sedikit pahit tapi nggak sebanding kan dengan khasiatnya bukan?

Kunci Sirih/Suruh

Bagi para wanita yang memiliki masalah dengan keputihan (fluor albus), jamu ini sangat cocok untuk kamu. Selain tidak memiliki efek samping sebesar obat-obat di pasaran, jamu ini bisa mengatasi masalah bau badan dan mengencangkan area perut. Biasanya dalam kunci sirih juga ditambahkan bahan lain seperti buah delima, pinang, kunci pepet dan manjakan yang juga berkhasiat terutama untuk kaum wanita.

Kunyit Asam

Sepertinya kunyit asam adalah jamunya para wanita. Kenapa? Manfaat dari jamu ini ternyata sangat banyak seperti melancarkan sirkulasi darah saat menstruasi. Nggak cuma itu, orang yang rajin minum jamu ini akan mempunyai warna kulit yang lebih cerah. Masalah kegemukan, menyembuhkan dan mengobati bekas luka, juga meremajakan kulit (kandungan tinggi antioksidan dalam kunyit), semua tuntas dengan ramuan jamu ini.

Jamu Cabe Lempuyang

Buat Sobat Coklat yang sering mengalami badan pegal-pegal, jamu ini cocok untuk kamu minum. Seperti namanya, jamu ini terbuat dari cabe jamu dan rimpang lempuyang. Nggak Cuma itu, ternyata kandungan lempuyang dalam jamu ini bisa menjadi mencegah sel-sel kanker, menambah nafsu makan bagi anak, dan juga sebagai obat pelansing yang baik.

Menarik bukan? Setelah tahu khasiatnya, kamu bisa memilih jamu yang cocok untuk kamu konsumsi. Namun sebelum membeli, kamu harus jeli memilah jamu yang masih alami dan jamu pabrikan yangsudah dicampur bahan lainnya.

Diolah dari berbagai sumber

Gambar: bo.balims.com

Tags : Jamu , Sehat Alami , Tip Sehat , Warisan Indonesia , Pegal linu , Wanita


You must be logged in to comment.