SBCK Meriah dari Kampung Maritim

SBCK Meriah dari Kampung Maritim

23 Sep 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1064 Views

coklatkita.com- Untuk ketiga kalinya di hari Senin (21/9), Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba  Brebes menyelenggarakan Sehari Bersama Coklat Kita (SBCK). Kegiatan yang rutin diadakan di berbagai daerah di Indonesia ini seperti sudah tak asing di mata Sobat Coklat Kluwut. Hal ini terlihat dari besarnya antusiasme masyarakat yang sudah berada di lokasi kegiatan bahkan sebelum Melly Mono dan Baron sampai. “Kegiatan ini bisa menambahkan kreativitas anak muda, kami sangat antusias semoga tidak hanya sekali tapi ada seratus kali,” ucap Kepala Desa Kluwut seraya tertawa kecil di Kantor Desa.

Kehangatan warga begitu terasa dengan penyambutan yang luar biasa. Hal ini terlihat dari acara makan bersama dengan berbagai menu ikan khas daerah setempat yang menjadi suguhan lezat siang itu. Nuansa tradisi juga begitu kental.  Diaraknya Melly Mono, Baron, serta Kepala Desa Isa Anshori dengan tradisi sisingaan menunjukan hal itu.  Tak hanya sisingaan yang menjadi kesenian tradisional Kluwut. Pertunjukan debus juga memberi warna tersendiri di desa ini. Besi panjang yang merintang diantara kedua dada pemain debus dibuat bengkok tak menembus badan. Bahkan tumpukan batu bata dibuat menjadi serpihan ketika dijatuhkan di atas kepala.

Setelah serangkaian pertunjukan debus selesai, kegiatan SBCK resmi dibuka dengan diresmikannya satu pos keamanan nelayan Kluwut yang berlokasi di sekitar sungai. Berbagai hiburan rakyat mewarnai kegiatan ini, panjat pinang, dan berbagai permainan rakyat lainnya. Disamping itu, penjualan sembako murah di area SBCK membuat keramaian semakin bertambah.

Sikap warga begitu antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir acara. Hal ini disampaikan oleh Samsudin sebagai perwakilan nelayan kepada coklatkita.com. Pria yang mengikuti acara ramah tamah hingga berakhirnya acara SBCK ini mengatakan senang karena acara ini berlangsung sampai untuk ketiga kalinya. “Tidak cukup sampai sini saja, semoga ada SBCK 4, 5 dan seterusnya,” tutur pria paruh baya itu.

Tags :


You must be logged in to comment.